Tahun 2022-2023, Dinas PU Perkim OKU Bedah 437 Rumah Melalui Program BSPS

Tahun 2022-2023, Dinas PU Perkim OKU Bedah 437 Rumah Melalui Program BSPS

Sebanyak 437 warga menerima program bedah rumah melalui Program BSPS Kementerian.-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Sebanyak 166 unit rumah warga yang berada di Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR)  diperbaiki  Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Dinas PU Perkim. Sejumlah Rumah Tak layak Huni (RTLH) tersebut diperbaiki melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang berasal dari dana APBN tahun 2022.

Rumah yang yang masuk pada program bedah rumah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah bersama Kepala Dinas PU Perkim Musrenbang di Kecamatan KPR beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas PU Perkim OKU Ulia Mahdi mengungkapkan, program bedah rumah BSPS ini merupakan program tahun tahun 2022 yang bersumber dari APBN, dan kini sudah direalisasikan. Di Kabupaten OKU sendiri ada  sebanyak 437 unit rumah yang menerima program tersebut.

"Pengerjaannya sudah hampir rampung dan program ini sudah dilaksanakan sejak akhir 2022 lalu dan selesai di tahun ini," ujar Ulia.

BACA JUGA:Video: Warga Desa Pelajau Ilir Mulai Galakkan Tanam Sayur di Perkarangan Rumah

BACA JUGA:Bew! ‘Iwak Delek’ alias Ikan Channa Bernilai Jutaan Rupiah

Di Kecamatan KPR sendiri ada sebanyak 166 unit rumah yang dibedah, di antaranya Desa Kedaton 68 unit, Desa Kampai 11 unit, Desa Rantau Panjang 11 unit, Desa Suka Pindah 57 unit, Desa Lubuk Kemiling 4 unit dan Desa Sinar Kedaton 15 unit rumah.

"Sisanya ada di Kecamatan lain, yakni di Kecamatan Lubuk Batang sebanyak 271 unit rumah yang juga sudah selesai dilakukan perbaikan melalui program bedah rumah," kata Ulia sembari merinci jumlahnya.

Menurutnya, tahun 2023 program BSPS diperkirakan akan ada lagi. Menurut Ulia untuk saat ini program BSPS dari APBN belum keluar sehingga Pemkab OKU belum bisa merinci di mana saja lokasi penerima bantuan tersebut. Pihaknya masih menunggu informasi lanjutan dari Kementerian PU.

"Kalau dari APBN tahun 2023 ini belum ada rincian. Tapi biasanya menjelang akhir tahun nanti baru ada data kuota penerimanya. Yang jelas sudah ada rinciannya yang bersumber dari APBD OKU," jelasnya.

BACA JUGA:Perahu Ketek Selalu Jadi Pilihan Transportasi ke Pulau Kemaro Rayakan Cap Go Meh

BACA JUGA:Perampok Bersenpi di Minimarket Gelumbang Berhasil Ditangkap

Bantuan BSPS ini untuk setiap unit rumah diberikan bantuan sebesar Rp20 juta yang bisa digunakan untuk rehab bagian atap, kemudian dinding dan lantai rumah. "Sebenarnya untuk tahun 2023 ini kita sudah usulkan sebanyak 300 unit rumah untuk seluruh Kecamatan di Kabupaten OKU," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv