Penjualan Set Top Box (STB) di Palembang Meningkat Drastis

Penjualan Set Top Box (STB) di Palembang Meningkat Drastis

Warga Palembang membeli STB agar bisa menonton siaran tv digital.-Abidin Riwanto-paltv.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dari pantauan tim liputan PALTV, sejumlah warga mulai berbondong-bondong membeli Set Top Box (STB) di salah satu gerai elektronik di Kota PALEMBANG yang berada di Jalan Jendral Sudirman.

Menurut Hendra penjual STB, sejak adanya rencana diberlakukannya Analog Switch Off (ASO), tokonya mampu menjual STB hingga puluhan unit. Omzetnya naik hingga berkali lipat dibandingkan hari biasanya. Untuk harga STB tergantung dengan tipenya, mulai dari harga Rp200 ribu hingga Rp225 ribu.

"Sejak bulan puasa tahun kemarin sudah mulai banyak yang beli STB karena diisukan akan ditutup (siaran analog). Untuk sekarang ini sudah tidak terlalu banyak yang beli, ada sedikit-sedikit yang beli. Sewaktu awal-awal jual STB ini bisa satu dus, sekitar empat puluh STB. Sedangkan untuk sekarang sekitar sepuluh STB yang terjual dengan range harga Rp200 ribu hingga Rp225 ribu," jelas Hendra.

Sementara itu, salah satu warga Anwar mengungkapkan, kebijakan membeli Set Top Box untuk warga mampu tidak bermasalah. Namun, kasihan bagi warga yang tidak mampu membeli STB. Harusnya Pemerintah mengeluarkan kebijakan memberikan bantuan berupa Set Top Box (STB) gratis.

BACA JUGA:Tolak Pelantikan Wabup Muara Enim, Ratusan Massa Datangi Kantor Gubernur Sumsel

BACA JUGA:Tak Kunjung Dibuka, Angkasa Pura II Masih Tunggu Regulasi Penerbangan Internasional

"Bagi yang mampu sebenarnya tidak masalah langsung ganti. Tapi bagi yang kurang mampu ini yang susah. Jadi, kalau masyarakatnya kurang mampu, mereka tidak bisa menikmati lagi siaran televisi, terutama berita, informasi juga jadi kurang dapat untuk masyarakat ke bawah ini. Sebaiknya pemerintah memberi juga bantuan pengadaan STB untuk rakyat miskin," harap Anwar.

Seperti diketahui, ASO atau migrasi siaran televisi analog ke digital, merupakan proses peralihan teknologi penyiaran dari televisi analog yang dikonversikan menjadi siaran televisi digital. Bagi televisi yang belum memiliki saluran penerima digital, pada televisi analog hanya perlu ditambahkan alat bantu penerima siaran digital, berupa kotak dekoder yang disebut Set Top Box (STB).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id