Presiden Cina Xi Jinping Mengirimkan Ucapan Selamat kepada Prabowo Subianto, Berikut Isi Suratnya

Presiden Cina Xi Jinping Mengirimkan Ucapan Selamat kepada Prabowo Subianto, Berikut Isi Suratnya

Presiden Cina Xi Jinping mengirimkan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto--Photo : xi.jinping_cn/ig

PAEMBANG, PALTV.CO.ID - Presiden Cina, Xi Jinping, mengirimkan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto, calon presiden terpilih dari Koalisi Indonesia Maju, melalui sebuah surat.

Ucapan selamat ini sebelumnya telah disampaikan oleh Duta Besar Cina untuk Indonesia, Lu Kang, pada Kamis dan diunggah oleh Prabowo pada Jumat sore, 22 Maret 2024, di platform media sosial X.

Dalam surat tersebut, Xi Jinping menyampaikan terima kasih atas hasil akhir Pemilihan Presiden yang diantarkan langsung oleh Duta Besar Cina untuk Indonesia. Prabowo pun menyatakan bahwa menerima surat tersebut sebagai sebuah kehormatan.

Dia juga menekankan pentingnya kemitraan antara Indonesia dan Cina dalam memajukan pembangunan, yang telah menunjukkan perkembangan pesat dan mencerminkan kerja sama bilateral yang sukses.

BACA JUGA:Putra Mahkota Arab Saudi Hingga Presiden Swiss Ucapkan Selamat ke Prabowo

Ucapan selamat dari Presiden Xi Jinping disampaikan kepada Prabowo pada hari pengumuman hasil akhir pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, 20 Maret 2024.

Pasangan calon Prabowo-Gibran dinyatakan unggul dalam Pilpres 2024 dengan perolehan suara mencapai 96.214.691 suara, sesuai hasil rekapitulasi KPU.

Dalam suratnya, Xi Jinping menyatakan bahwa Cina dan Indonesia merupakan tetangga dengan persahabatan tradisional yang erat. Dia menilai upaya bersama kedua negara telah berhasil menempatkan hubungan bilateral pada jalur perkembangan yang cepat, dengan rasa saling percaya yang lebih dalam di bidang politik dan kerja sama yang menguntungkan.

Presiden Xi Jinping juga menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan Prabowo dalam mengarahkan pembangunan komunitas Cina-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan yang lebih besar. Xi Jinping berharap hubungan antara Cina dan Indonesia bisa menjadi contoh yang baik untuk negara berkembang yang bekerja sama guna pembangunan bersama.

BACA JUGA:Rumah Aung San Suu Kyi Pemimpin Demokrasi Myanmar Dilelang, NamunTak Ada Yang Berminat


ucapan selamat kepada Prabowo Subianto--Photo : xi.jinping_cn/ig

Dalam penutup suratnya, Xi Jinping berharap dapat bertemu dengan Prabowo secepatnya dan mengharapkan kemakmuran bagi negara Indonesia serta kebahagiaan bagi rakyatnya. Hal ini juga diharapkan dapat memberikan dorongan kuat bagi kemakmuran dan stabilitas regional serta global.

Pada sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, mengumumkan hasil pemilihan di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (20/3) malam. Pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara, mengungguli pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang memperoleh 40.971.906 suara, serta pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan 27.040.878 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber