Kacang Mete dan Asam Urat: Fakta atau Mitos?

Kacang Mete dan Asam Urat: Fakta atau Mitos?

Kacang Mete dan Asam Urat: Fakta atau Mitos?--Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kesehatan sendi menjadi perhatian utama bagi banyak orang, khususnya bagi yang mengidap asam urat. Namun, apakah benar kacang mete bisa memicu kambuhnya asam urat?

Asam urat sering kali dianggap sebagai penyebab pembengkakan dan nyeri pada sendi. Makanan tinggi purin kerap disalahkan sebagai pemicu utama kondisi ini. Namun, apakah kacang mete sebenarnya termasuk dalam daftar Makanan yang harus dihindari?

Meskipun kaya akan protein, kacang mete memiliki kadar purin yang relatif rendah. Dalam setiap 100 gram kacang mete, hanya terdapat sekitar 50 miligram purin. Angka ini jauh di bawah batas aman untuk penderita asam urat, yang berkisar antara 150 hingga 825 miligram purin per 100 gram makanan, pada Sabtu (16/3/2024). 

Sebuah penelitian diterbitkan British Journal of Nutrition menyatakan konsumsi kacang mete tidak menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam kadar asam urat. Bahkan, peserta penelitian yang mengonsumsi kacang mete sebagai bagian dari asupan kalori harian mereka tidak mengalami masalah yang berhubungan dengan asam urat.

BACA JUGA:Terong Jenis Sayuran Yang Disalahkan Penyebab Asam Urat! Ini Penjelasannya.

 

Bagi penderita asam urat yang ingin menikmati kacang mete, beberapa tips dapat membantu:

1. Pilih kacang mete yang dipanggang kering dengan sedikit minyak untuk menjaga asupan lemak dan kalori.

2. Hindari kacang mete yang telah dibumbui dan pilih yang tawar.

Selain itu, penting untuk mengontrol jumlah konsumsi kacang mete sesuai dengan kebutuhan protein harian, yang direkomendasikan sekitar 6 ons setiap hari. Hal ini dapat membantu menjaga kadar purin tetap rendah dalam tubuh.

BACA JUGA:dr. Zaidul Akbar Unkap Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Hindari dan obati Asam Urat

 

Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Secara Umum

Tidak hanya aman untuk penderita asam urat, kacang mete juga memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber