Tips Tetap Hemat di Hari Idul Fitri

Tips Tetap Hemat di Hari Idul Fitri

Ilustrasi hemat keuangan.-AtstockProduction-pixabay.com/AtstockProduction

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sesaat lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan dan tidak lama lagi akan menyambut Idul Fitri. Anda mungkin memiliki cukup budget untuk merayakan lebaran pada tahun in. Namun, hal tersebut tidak dapat dijadikan alasan untuk melakukan gaya hidup yang boros.

Hindari membelanjakan terlalu banyak barang yang kurang bermanfaat ketika menjelang hari raya Idul Fitri, agar anda dapat menyimpan lebih banyak uang. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara menahan berbagai pengeluaran. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang dapat anda lakukan agar tetap hemat di hari Idul Fitri nanti.

1. Tentukan anggaran lebaran dalam jumlah tepat

Jangan lupa membuat anggaran lebaran Anda dengan tepat. Pastikan berbagai kebutuhan dan keluarga dapat terpenuhi dengan stabil dan tetap dengan budget hemat. Simpan sebagian dana untuk kebutuhan lebaran tahun ini dengan baik, kondisi keuangan tetap berjalan dengan lancar. Hal ini dapat mempermudah Anda untuk mengontrol pengeluaran serta keuangan Anda secara keseluruhan.

BACA JUGA:Ada Wacana PSSI Akan Datangkan Argentina untuk Melawan Timnas Indonesia, Apakah Bisa?

BACA JUGA:Meski Pemain Andalan, 5 Pemain Muda Ini Masih Digaji Rendah di Liga Inggris

2. Mengatur dana mudik dengan tepat 

Mudik mungkin telah menjadi tradisi tetap anda setiap tahunnya, di mana Anda juga diharuskan menyisihkan sejumlah dana untuk kebutuhan ini. Pastikan Anda tidak gegabah untuk menggunakan dana mudik ini untuk berbagai kebutuhan yang tidak penting.

Dana mudik terbilang cukup besar, apalagi apabila anda terbiasa mudik bersama dengan keluarga besar. Gunakan dana ini dengan cara yang tepat, sehingga dapat memberikan manfaat bagi anda, bagi keuangan di masa yang akan datang. Anda dapat menggunakan sebagai dana darurat, apalagi ketika belum memiliki dana darurat dalam jumlah ideal.

3. Memaksimalkan penggunaan THR

BACA JUGA:JK Ajak Umat Islam di Palembang Makmurkan Masjid Selama Ramadan

BACA JUGA:Karnaval Sambut Ramadan 1444 Hijriah

Bagi anda yang bekerja, sejumlah perusahan akan memberikan THR. Tidak perlu terburu-buru untuk membelanjakan THR untuk berbagai kebutuhan yang tidak terlalu penting. Gunakan THR dengan cara yang tepat. Perhatikan apa saja yang perlu diperbaiki di dalam keuangan. Anda juga dapat mengalokasikan dana THR tersebut untuk berbagai kebutuhan penting lainnya, seperti investasi, pelunasan kredit kendaraan, tabungan pensiun, dan yang lainnya.* (Muhammad Ikhsanudin, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber