Dampak Fenomena El Nino, Petani Padi di Banyuasin Percepat Penanaman

Dampak Fenomena El Nino, Petani Padi di Banyuasin Percepat Penanaman

Petani di Kabupaten Banyuasin mengambil langkah proaktif dengan mempercepat penanaman padi untuk menyikapi perubahan cuaca tak menentu dan suhu lebih tinggi.-Suryadi-PALTV

BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Fenomena cuaca El Nino yang dikenal dengan perubahan suhu laut di Pasifik, telah memberikan dampak signifikan pada pertanian di berbagai daerah.

Salah satu sektor yang terkena dampak adalah pertanian padi, yang menjadi tulang punggung ketahanan pangan di banyak negara.

Di berbagai wilayah seperti di Kabupaten Banyuasin, petani padi telah merasakan perubahan pola cuaca yang tidak teratur dan suhu yang lebih tinggi akibat El Nino.

Kondisi ini mempengaruhi jadwal penanaman dan pertumbuhan tanaman padi. Untuk menghadapi tantangan ini, petani di berbagai wilayah khususnya Kabupaten Banyuasin, telah mengambil langkah-langkah proaktif dengan mempercepat penanaman padi.

BACA JUGA:Syahrul Yasin Limpo Buka Suara terkait Pemerasan dalam Kasus Korupsi Mentan di Polda Metro Jaya

BACA JUGA:Diperiksa Polda 3 Jam! Syahrul Yasin Limpo Mengaku Capek, Konsekuensi SYL Mengundurkan Diri Jadi Menteri.


Sarip, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin.-Suryadi-PALTV

Salah satu daerah yang terkena dampak adalah Kabupaten Banyuasin. Petani di sini telah memutuskan untuk memanfaatkan jendela cuaca yang sesekali stabil untuk segera menanam padi.

Ini bertujuan untuk menghindari risiko kekurangan air dan mengoptimalkan pertumbuhan tanaman padi.

Sarip selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin mengatakan, "Kami harus memberikan himbauan kepada para petani agar segera beradaptasi dengan perubahan cuaca yang semakin tidak stabil. Para petani juga tidak bisa lagi mengandalkan jadwal penanaman yang biasa, jadi kami harus menghimbau para petani padi harus cepat tanggap."

Langkah-langkah lain yang diambil oleh petani termasuk penggunaan varietas padi yang lebih tahan terhadap kondisi panas dan kekeringan, serta pengelolaan air yang lebih efisien.

BACA JUGA:Allhamdulilah, DLHK Sebut Kualitas Udara Kota Palembang Terus Membaik ke Level Sedang

BACA JUGA:Memahami Perbedaan 5 Pinjaman Online dan Kartu Kredit, Mirip-mirip Tapi Tak Sama

Pemerintah juga terlibat dalam memberikan dukungan dan sumber daya kepada petani untuk membantu mereka menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh El Nino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv