Tips Hidup Sehat Bagi Penyandang Diabetes

Tips Hidup Sehat Bagi Penyandang Diabetes

Tips hidup sehat bagi penyandang diabetes.--Dinas Kesehatan Kabupaten OKU

OKU, PALTV.CO.ID - Anda memiliki riwayat penyakit kencing manis atau dalam bahasa kedokterannya Diabetes Melitus (DM). Atau saat ini sudah ada gejala terkena Diabetes melitus seperti mudah lelah, gula darah meningkat, luka sulit sembuh, dan berat badan menurun drastis.

Ada baiknya mulai sekarang mengontrol sejumlah makanan yang dapat memicu naiknya kadar gula dalam darah. Berikut ini ada beberapa tips dari Dinas Kesehatan Kabupaten OKU yang bisa dilakukan agar tetap sehat dan gula darah tetap terkontrol.

Penyandang diabetes melitus sebaiknya membatasi makanan berikut ini:

Pertama, mengandung banyak gula sederhana. Apa saja jenis makanan yang mengandung banyak gula sederhana? Di antaranya gula pasir, gula merah (aren, gula Jawa atau sejenisnya), sirup, minuman ringan atau minuman kemasan. Kemudian, jelly manis, selai, manisan buah (buah yang diawetkan dengan gula), krimer kental manis, es krim, kue-kue manis, dodol, bolu, dan coklat. Makanan manis dengan mengandung gula ini sebaiknya dihindari.

BACA JUGA:Berikut Beberapa Hal Sepele yang Bisa Menyebabkan Radang Usus

BACA JUGA:Ini Dia Olahraga yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Kedua, makanan yang juga wajib dihindari agar tetap sehat adalah makanan yang mengandung banyak lemak termasuk makanan yang serba digoreng seperti; gorengan, jeroan (babat), termasuk makanan fast food atau makanan siap saji.

Ketiga, makanan yang banyak mengandung natrium. Jenis makanan ini juga sangat pantang bagi penderita diabetes, seperti ikan asin, telur asin dan makanan kaleng atau makanan yang jenisnya di awetkan menggunakan pengawet makanan.

Menurut Plt Kadinkes OKU Dedy Wijaya SKM MKes, jenis makanan tersebut bukan tidak boleh sama sekali dimakan, namun harus dibatasi mengkonsumsinya. Karena tubuh juga masih membutuhkan gula yang bersumber dari makanan.

Menurut Dedy, kalau mau ganti gula pasir, gula aren/gula Jawa dan gula batu bisa dengan gula alternatif, maka gunakanlah dalam jumlah terbatas. Gula alternatif yang dimaksud antara lain: fruktosa, gula alkohol berupa sorbitol, manitol dan silitol, aspartama, dan sakarin. Untuk mengetahuinya dapat dengan membaca label pada kemasan. Penderita diabetes juga disarankan untuk selalu mengecek kadar gula dalam darah dan dianjurkan berkonsultasi ke dokter.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinas kesehatan kabupaten ogan komering ulu (oku)