Peringatan Cuaca Panas! Para Pengendara Motor Disarankan Untuk Menghindari Berkendara di Tengah Hari

 Peringatan Cuaca Panas! Para Pengendara Motor Disarankan Untuk Menghindari Berkendara di Tengah Hari

Pengendara Motor Disarankan Untuk Menghindari Berkendara di Tengah Hari dalam Beberapa Hari Mendatang."--Foto : www.istockphoto.com

PALEMABNG, PALTV.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia telah memberikan peringatan terkait cuaca panas yang luar biasa di beberapa wilayah negara ini. Menurut sumber dari Accuweather, diperkirakan puncak panas akan melanda Palembang, Jakarta, dan Surabaya pada tanggal 8 hingga 10 Oktober 2023.

Suhu udara di beberapa kota ini diprediksi akan mencapai tingkat yang tidak biasa, dengan Palembang dan Jakarta menghadapi puncak panas pada tanggal 9 hingga 10 Oktober dengan suhu mencapai 37 derajat Celsius, sementara Surabaya diperkirakan akan mengalami suhu tertinggi pada tanggal 8 hingga 9 Oktober 2023, mencapai 42 derajat Celsius.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril, telah memberikan peringatan kepada masyarakat terkait cuaca panas yang berkepanjangan ini. Menurutnya, cuaca panas yang terjadi beberapa hari ini dan diperkirakan akan berlanjut ke depan merupakan fenomena yang tidak biasa.

BACA JUGA:Yuk Intip, Tempat Indah yang Buat Happy Asmara Kesurupan

Dr. Mohammad Syahril mengingatkan agar masyarakat tetap waspada terhadap dampak cuaca panas yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

"Untuk itu, mari kita ikuti tips-tips agar kita dapat terhindar dari dampak buruk cuaca panas saat kita berada di luar ruangan," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril.

Kementerian Kesehatan telah memberikan beberapa tips kepada masyarakat untuk menghadapi cuaca panas yang ekstrem ini. Salah satu langkah yang penting adalah mencoba sebisa mungkin untuk mencari tempat teduh antara pukul 11 siang hingga 3 sore.

Ini karena pada jam-jam tersebut, suhu udara mencapai puncaknya dan dapat menyebabkan dehidrasi jika terlalu lama terpapar sinar matahari.

BACA JUGA:Yuk Intip, Tempat Indah yang Buat Happy Asmara Kesurupan

Selain itu, dr. Mohammad Syahril juga menekankan agar pengemudi kendaraan tidak meninggalkan siapapun di dalam mobil yang terparkir, terutama dalam keadaan jendela terbuka atau tertutup.

Suhu di dalam mobil dapat meningkat secara drastis dalam cuaca panas seperti ini, sehingga dapat membahayakan kesehatan orang yang tertinggal di dalamnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengemudi untuk selalu memeriksa apakah semua penumpangnya sudah keluar dari kendaraan sebelum meninggalkannya.

Pihak Kementerian Kesehatan juga menyarankan agar semua orang membawa air minum yang cukup saat beraktivitas di luar ruangan. Minum air secara teratur sangat penting untuk mencegah dehidrasi akibat suhu udara yang tinggi.

"Sebaiknya anda siapkan botol semprot air di dalam mobil Anda sebagai cadangan," tambahnya. Dengan cara ini, Anda dapat menyegarkan diri dengan semprotan air saat diperlukan, terutama jika terjebak dalam kemacetan lalu lintas atau situasi di mana Anda tidak dapat segera mencari tempat berteduh.

BACA JUGA:Healthy.io Memperkenalkan Teknologi Tes Urine dengan aplikasi ponsel untuk UEA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber