BIN Bantu Warga Muara Enim yang Terdampak Banjir

BIN Bantu Warga Muara Enim yang Terdampak Banjir

Korwil BIN Daerah Muara Enim Kapten Infanteri Ferry Tuispani mewakili Kepala BIN Daerah Sumatera Selatan memberikan bantuan kepada warga di Muara Enim yang terdampak banjir, Selasa (14/3/2023).-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Banjir bandang yang menimpa Kabupaten Lahat juga berdampak di kawasan Kabupaten MUARA ENIM. Sejumlah kawasan rendah di MUARA ENIM ikut kebanjiran dari luapan Sungai Lematang. Badan Intelijen Negara (BIN) di MUARA ENIM pada Selasa, 14 Maret 2023, memberikan bantuan berupa  bahan makanan dan obat-obatan kepada warga MUARA ENIM yang terdampak Banjir.

Banjir bandang pada Seni sore (13/3/2023) merendam sekitar 21 rumah warga yang berada di Kampung 8 Kelurahan Muara Enim. Hasil luapan Sungai Lematang ini mencapai setinggi 1 hingga 1,5 meter, atau sebatas leher orang dewasa. Warga yang bermukim di kawasan tersebut telah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Badan Intelijen Negara (BIN) di Muara Enim langsung melakukan tindakan cepat tanggap, dengan memberi bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Korwil BIN Daerah Muara Enim Kapten Infanteri Ferry Tuispani mewakili Kepala BIN Daerah Sumatera Selatan mengatakan, aksi bantuan ini dilakukan guna mengurangi kesulitan warga yang terdampak banjir di wilayah Muara Enim. Sebelumnya, BIN juga sudah membantu warga di Kabupaten Lahat yang lebih dulu terkena banjir bandang.

BACA JUGA:Korban Banjir Payuputat Kesulitan Air Bersih

BACA JUGA:Kadis Pendidikan Sumsel Himbau Kepala Sekolah agar Para Murid Ikuti Lomba Vlog Anti Korupsi Sejak Dini

Sebanyak 20 kepala keluarga dari 21 rumah mendapat bantuan berupa makanan siap saji, obat-obatan dan pakaian untuk digunakan warga. Selain itu, BIN bekerja sama dengan pihak terkait mendirikan dapur umum untuk mengkoordinir warga yang terdampak banjir dan bantuan yang masuk. Selain mendirikan dapur umum, BIN bersama Dinas Kesehatan Muara Enim juga mendirikan posko di dekat lokasi banjir. Posko tersebut digunakan untuk penanganan kesehatan warga dan menangani dengan cepat warga yang sakit.

“Kami perwakilan dari pemerintah pusat untuk membantu korban bencana yang ada di wilayah Kabupaten Muara Enim. Kami juga melaksanakan bantuan kepada Kabupaten Lahat, dalam hal ini masyarakat yang terkena bencana. Kemudian bantuan ini kami khususkan juga bagi masyarakat yang betul-betul membutuhkan. Bantuan berupa bahan pokok, kemudian makanan. Untuk kesehatan kami berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam hal ini Dinas Kesehatan, kemudian BPBD Kabupaten Muara Enim membantu pelaksanaan tugas-tugas di lapangan,” jelas Kapten Ferry.

Selain obat-obatan dan makanan, BIN juga sudah mengupayakan berbagai kebutuhan warga yang bisa dimanfaatkan pasca banjir. Sementara ini warga masih ditampung di posko atau rumah warga yang dijadikan tempat pengungsian sementara.

Bagi warga yang bermukim di kawasan rendah dan di pinggiran sungai, diharapkan lebih waspada terutama saat hujan terus mengguyur Kabupaten Muara Enim, yang dapat berdampak air sungai meluap dan menyebabkan banjir susulan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv