Bukan Dari Kalangan Pejabat di Sumsel, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Adalah Dirjen Bina Keuangan Daerah

 Bukan Dari Kalangan Pejabat di Sumsel, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Adalah  Dirjen Bina Keuangan Daerah

Bukan Dari Kalangan Pejabat di Sumsel, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Adalah Dirjen Bina Keuangan Daerah--instagram.com/@ratudewa

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Hari ini, pasangan Gubernur Herman Deru dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya resmi mengakhiri masa jabatannya di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Menariknya, yang diangkat menjadi Penjabat (PJ) gubernur justeru tidak berasal dari kalangan pejabat di Sumsel, melainkan berasal dari luar daerah yakni Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri.

Pada hari Senin, 2 Oktober 2023, di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni dilantik dan mengambil sumpah sebagai Pj Gubernur Sumsel., Agus Fatoni untuk memimpin Sumsel hingga pemilihan kepala daerah (Pilkada) definitif yang dijadwalkan berlangsung serentak pada bulan November 2024.

Agus Fatoni adalah seorang birokrat berpengalaman yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah (Keuda) di Kemendagri.

BACA JUGA:7 Aplikasi Pinjol Tanpa KTP, Dapatkan 30 Juta Hanya dengan Nomor HP!

Dikutip dari www.Katanda.id  Agus Fatoni  merupakan lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) pada tahun 1994. Karirnya dalam pemerintahan dimulai ketika ia menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dan Ajudan Gubernur Lampung yang saat itu dijabat oleh Poedjono Pranyoto (alm).

Selama masa karirnya sebagai ajudan yang mendampingi pemimpin tertinggi Provinsi Lampung, Agus Fatoni dikenal sebagai PNS yang sangat disiplin, namun tetap akrab dan mudah bergaul.

Ia juga memiliki hubungan yang baik dengan para wartawan yang beroperasi di kantor Gubernur Lampung.

Periode kepemimpinan Agus Fatoni sebagai Pj Gubernur Sumsel diharapkan akan berlangsung dengan lancar dan efektif, memberikan stabilitas bagi provinsi ini selama proses peralihan hingga pemilihan gubernur definitif yang akan datang.

BACA JUGA:Kisah Cinta Kendall Jenner & Bad Bunny Jadi Pusat Perhatian Warganet : Ini Deretan Moment Kebersamaan Mereka

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, melakukan pelantikan Agus Fatoni sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) pada hari ini (2/10).

Langkah ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 73/P Tahun 2023 yang mengenai pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel yang telah menjabat sejak tahun 2018 hingga 2023.

Selain itu, Keppres Nomor 74/P Tahun 2023 juga mengatur mengenai pengangkatan Penjabat Gubernur dan Wakil Gubernur.

Agus Fatoni, seorang putra asli Sumsel, memiliki latar belakang pendidikan dasar di SD Negeri 1 Sukabumi dan SMP Negeri Bahuga, yang semuanya terletak di Kecamatan Bahuga, berjarak sekitar 186 kilometer dari Bandarlampung, ibu kota Provinsi Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: katanda.id