Anak Anda Sudah Pubertas? Berikut Beberapa Tips Membimbing Anak Masa Pubertas

Anak Anda Sudah Pubertas? Berikut Beberapa Tips Membimbing Anak Masa Pubertas

Anak Anda Sudah Pubertas? Berikut Beberapa Tips Membimbing Anak Masa Pubertas -- pixabay.com/huweijie07170

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Masa Pubertas pada remaja atau dikenal dengan masa penjajakan, merupakan suatu fenomena yan terjadi seseorang yang sudah mendapati umur 10 sampai dengan 11 tahun ke atas. Tentu kita sebagai orang tua harus tahu bagaimana menyikapi sifat anak kita yang sudah memasukin usia Pubertas. Jangan sampai kita kurang perhatian kepada anak kita. Karena bisa berakibat fatal untuk masa depan anak. 

Apa saja tindakan yang harus kita berikan kepada anak yang sudah beranjak pubertas, jika kalian tertarik mari simak ulasan selengkapnya dibawah ini. 

Mengutip dari orami.co.id, anak remaja yang pubertas seringkali merasa bingung untuk semua perubahan yang terjadi pada dirinya. Pastikan kita tidak henti memberikan pengarahan kepadanya agar tidak tersesat nantinya. Namun kita juga penting memberikan keluasaan kepada anak jika dia ingin meminta privasi diantara ortu dan anak. 

Berikut ini beberapa tips membimbing anak pubertas

1. Berikan wawasan untuk merawat diri

Pada awal pubertas, remaja seringkali lebih banyak mengeluarkan keringat yang menyebabkan bau badan. Oleh karena itu, remaja harus lebih memperhatikan kebersihan diri mereka.Sebuah studi tahun 2017 di Ethiopian Journal of Health Sciences menemukan bahwa praktik kebersihan pribadi yang buruk adalah penyebab utama peningkatan penyakit menular di negara berkembang.

Ingatkan remaja untuk mandi setiap hari dan memakai pakaian bersih. Menggunakan deodoran setiap pagi juga akan membantu mencegah bau badan yang tidak sedap.Bagi remaja putri, para ibu perlu belajar cara menggunakan tampon dengan benar.Pada saat yang sama, kebersihan alat kelamin perlu dijaga, terutama pada saat menstruasi. Jangan biarkan pakaian dalam Anda basah karena dapat memicu pertumbuhan jamur.Untuk anak laki-laki, jelaskan bahwa pertumbuhan janggut dan kumis adalah bagian dari pubertas.

Agar tetap terlihat bersih, para ayah bisa memberikan contoh cara mencukur yang benar.Jika orang tua merasa tidak nyaman mengajari anaknya keterampilan baru ini, mendapatkan bantuan dari saudara kandung, sepupu, atau teman juga bisa menjadi pilihan.Selain itu, ibu juga dapat meminta anaknya untuk berkonsultasi secara online tentang cara mencukur atau informasi lainnya.

2. Beri Masukan Mengatasi Jerawat di Wajah

elama pubertas, perubahan hormonal dapat menyebabkan jerawat. Kulit remaja bisa kering atau berminyak.Untuk mengatasi masalah ini, cuci muka dua kali sehari dengan sabun lembut.Juga, beri tahu anak remaja Anda untuk tidak memencet bintik-bintik, karena ini akan memperburuk masalah.Jika Anda memiliki jerawat parah yang tidak kunjung hilang, bawa anak remaja Anda ke dokter kulit.

3. Pertumbuhan Anak Jadi Perhatian

Beberapa remaja mengalami percepatan pertumbuhan selama masa pubertas dan ini normal.Ibu dapat memastikan kebutuhan bayi terpenuhi.Perhatikan apakah baju dan celana yang biasa kamu pakai itu ketat atau tidak. Jika iya, pergilah berbelanja atau ajak anak berbelanja baju, celana atau sepatu.

Untuk gadis remaja, ibu juga harus membeli bra untuk mereka. Pastikan Anda memilih bra dengan ukuran yang pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu longgar. Pilih juga bra katun untuk kenyamanan dan kelembapan.

Jika anak remaja Anda bertanya mengapa satu sisi payudara Anda lebih besar dari yang lain, jelaskan bahwa ini normal. Seiring waktu, pertumbuhan payudara menjadi rata. Namun, masih wajar jika payudara kanan dan kiri wanita tidak sama persis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: orami.co.id