Terlambat Ganti Oli Mobil Bisa Merusak Kendaraan, Ini 6 Efek Negatif yang Perlu Diketahui

Terlambat Ganti Oli Mobil Bisa Merusak Kendaraan, Ini 6 Efek Negatif yang Perlu Diketahui

Penting ganti oli mobil secara berkala untuk hindari kerusakan komponen mesin.--freepik.com/@aleksandarlittlewolf

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pernahkah Anda sering kali lupa untuk mengganti oli mobil tepat waktu? Atau bahkan Anda jarang melakukan pergantian oli dan merasa bahwa mobil masih berjalan dengan baik, sehingga tidak perlu khawatir?

Jika Anda menjawab ya pada salah satu pertanyaan ini, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk melakukan servis berkala pada kendaraan Anda, terutama dalam hal mengganti oli mesin dan memeriksa kondisi oli lainnya.

Hal ini karena terdapat sejumlah efek negatif yang dapat terjadi jika Anda terlambat atau jarang mengganti oli mobil.

Pergantian oli mobil secara rutin dan berkala sangat penting. Oli yang telah digunakan dalam jangka waktu yang lama cenderung menjadi lebih encer dan kotor seiring berjalannya waktu.

BACA JUGA:Kesigapan dan Kompetensi Tim Fire Fighter Pusri Bantu Padamkan Karhutla di Ogan Ilir

Akibatnya, oli tidak dapat melumasi mesin dengan baik dan kinerja mesin dapat terganggu. Berikut adalah enam efek negatif yang dapat timbul akibat terlambat mengganti oli mobil.

1. Konsumsi Bahan Bakar yang Boros

Jika Anda ingin menghemat biaya bahan bakar, sangat penting untuk mengganti oli mobil secara teratur.

Pergantian oli berkala akan membantu mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan Anda, sehingga kendaraan dapat beroperasi dengan lebih efisien dan performanya tetap optimal.

BACA JUGA:Orang Tua yang Menghadapi Pertanyaan Kritis Anak: Kembangkan Hubungan yang Kuat melalui Komunikasi Terbuka

Oli yang telah lama tidak diganti cenderung menjadi kotor, yang dapat mengakibatkan beban berat pada mesin dan memengaruhi proses pembakaran.

Sebagai akibatnya, mesin kendaraan akan bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar. Hal ini akan membuat biaya operasional kendaraan Anda meningkat secara signifikan.

2. Mesin Mudah Panas

Oli yang kotor tidak dapat menyerap panas dengan baik dari gesekan yang terjadi di dalam mesin. Akibatnya, mesin kendaraan Anda dapat menjadi lebih mudah panas dan bahkan bisa mati secara tiba-tiba. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, bisa jadi karena Anda terlambat mengganti oli mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber