Sering Terkena Flu? Berikut Cara Mudah untuk Mengatasinya

Sering Terkena Flu? Berikut Cara Mudah untuk Mengatasinya

Ilustrasi penyakit flu--rph.org.nz

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Flu adalah salah satu jenis penyakit yang sangat mengganggu, terutama untuk kita yang memiliki rutinitas yang padat. Kehadiran flu dapat menggagalkan banyak rutinitas yang kita miliki.

Terkadang flu membuat badan menjadi sakit-sakit, meriang, lemas, terlebih dengan bersin-bersin yang terkadang bukan hanya kita yang risih, melainkan orang lain pun ikut risih. Flu dapat menyerang siapa saja dan semua usia.Musim pancaroba seperti saat ini lebih memudahkan orang-orang terkena flu.

Flu atau influenza merupakan penyakit yang tergolong sebagai salah satu dari infeksi saluran pernapasan akut atau yang orang-orang kenal dengan sebutan ISPA. Flu sebenarnya dapat diatasi secara mandiri di rumah. Namun, untuk orang yang sudah terkena flu berat, sebaiknya untuk segera pergi ke dokter dan berkonsultasi dengan dokter guna mencegah flu semakin parah dan menjadi-jadi.

Berikut cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi flu secara mandiri

1. Cukup istirahat

Saat kita tidur, sistem imun dalam tubuh kita memiliki kesempatan untuk melawan infeksi-infeksi virus dan juga bakteri secara maksimal. Tidur dianggap cukup untuk mengatasi flu. Idealnya, jam tidur yang baik untuk orang dewasa adalah sekitar tujuh sampai delapan jam per harinya. Selain ini pula, orang yang sedang terkena flu tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang berat.

BACA JUGA:Pesona Telaga Warna Dieng

BACA JUGA:Beda dari Rawa yang Lain, Inilah Keindahan Rawa Pening

2. Konsumsi makanan-makanan yang sehat dan juga bergizi

Saat tubuh sedang sakit, terkena infeksi virus dan bakteri, maka tubuh akan memerlukan nutrisi yang lebih guna melawan infeksi ini. Untuk kalian yang sedang terkena flu, disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang yaitu mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan jangan lupa mineral yang cukup.

3. Konsumsi banyak air mineral

Selain makanan yang sehat dan bergizi, saat tubuh sakit, tubuh memerlukan banyak sekali air mineral guna menghindari dehidrasi. Untuk kalian yang ada gejala sakit tenggorokan, banyak minum air mineral pun dapat membantu melembabkan tenggorokan dan rasa sakit pun akan berkurang.

4. Menghirup uap hangat

Saat terkena flu, terkadang hidung akan menjadi tersumbat, oleh sebab itu, uap hangat yang kita hirup dapat membantu melegakan pernapasan dan mengurangi gejala hidung tersumbat.

Sumber: siloamhospitals.com