Pesona Telaga Warna Dieng

Pesona Telaga Warna Dieng

Beda dari Rawa yang Lain, Inilah Keindahan Rawa Pening-- tourdejava.net

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dataran tinggi Dieng pada dasarnya merupakan salah satu dataran  di Indonesia. Dataran tinggi Dieng ini terkenal dikarenakan keindahan alam yang memukau mata para wisatawan. Telaga Warna adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng.

 Terletak di ketinggian mencapai 2000 meter jika diukur dari atas permukaan laut tidak menjadi penghalang bagi para wisatawan untuk menjelajahi keindahan panorama alam di Telaga Warna. Letak Telaga Warna ini pada dasarnya Masuk di kawasan Desa Dieng Wetan, tepatnya di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Pemandangan danau yang terlihat begitu tenang ditambah permukaan air yang hijau serta dikelilingi pepohonan rindang membuat pemandangan di sekitaran telaga ini begitu menarik untuk dikunjungi. Apabila dipadu dengan pantulan cahaya matahari yang menyebabkan warna danau ini seperti Pelangi. Karena warna air berubah seperti Pelangi itulah yang menjadi keunikan telaga ini

 Dengan keunikan warna telaga inilah membuat penduduk sekitar memberinya nama Telaga Warna Dieng. Konon kata warga setempat air yang berada di tempat tersebut sering berubah-ubah, terkadang memiliki warna kuning, lalu hijau, bahkan pernah suatu ketika warna air bisa berubah menjadi banyak warna seperti pelangi.

Perubahan warna tersebut terjadi tentu saja bukan karena ada kekuatan gaib, melainkan perubahan warna tersebut terjadi karena air telaga disini mengandung zat sulfur dengan jumlah yang cukup tinggi, sehingga apabila air ini terkena paparan sinar Matahari, warnanya akan berubah seperti pelangi.

Tidak hanya itu saja, letupan air mendidih di tengah-tengah juga berada di telaga ini. Letupan mendidih tersebut sama seperti telaga yang berada di kawah Putih, Provinsi Jawa Barat. Konon kata masyarakat setempat, ada sebuah mitos yang berkembang di Masyarakat Dieng yakni, beragam warna yang ada dipermukaan Telaga Warna ini, Konon katanya bermula pada jaman dahulu kala dimana ada Cincin milik salah seorang bangsawan yang jatuh ke dasar telaga tersebut.

Ketika para wisatawan memasuki pintu gerbang Telaga Warna, para wisatawan akan menemui 2 cabang Jalan setapak. Apabila para wisatawan menyusuri Jalan setapak yang berada di sebelah Kanan, tidak hanya melihat keindahan pemandangan Telaga Warna saja, para wisatawan juga dapat melihat Kejernihan panorama Telaga Pengilon yang letaknya tepat bersebelahan dengan Telaga Warna. Disepanjang Jalan setapak, para wisatawan juga akan menemukan beberapa Goa seperti Goa Sumur, Goa Semar, Batu Tulis dan juga Goa Jaran.

Di Telaga Warna Dieng juga terdapat beberapa Candi dengan corak Hindu yang menambah panorama  keindahan  pemandangan di area Telaga Warna Dieng tersebut. Oleh karena itu, tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Telaga Warna Dieng tidak hanya untuk berwisata maupun sekedar melepas lelah dengan menghirup udara segar di daerah pegunungan saat musim liburan.

 Selain dijadikan sebagai obyek wisata, Telaga Warna Dieng juga mempunyai manfaat untuk warga lokal yang tinggal disekitar telaga sebagai sumber irigasi yang digunakan untuk mengairi tanaman serta menjadi komoditas utama di daerah Dieng tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: