Beda dari Rawa yang Lain, Inilah Keindahan Rawa Pening

Beda dari Rawa yang Lain, Inilah Keindahan Rawa Pening

Beda dari Rawa yang Lain, Inilah Keindahan Rawa Pening--dlh.semarangkota.go.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Apakah kalian pernah berkunjung atau mendengar Rawa Pening? Jika belum, kalian sangat disarankan untuk mencoba berwisata ke destinasi wisata Rawa Pening tersebut.

Keindahan yang dimiliki oleh Rawa Pening ini bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata ketika kalian berkunjung ke Semarang. Rawa Pening adalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Jawa Tengah, lebih tepatnya terletak di kabupaten Semarang.

Rawa Pening memperlihatkan panorama begitu ciamik dari danau yang terbentang luas. Rawa Pening ini menempati empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yakni: Kecamatan Ambarawa, Tuntang,  Banyubiru, dan Bawen. Rawa Pening ini letaknya tepat berada di sebuah cekungan antara Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu.

Rawa Pening ini ialah danau alami yang memiliki luas sekitar 2.670 hektar. Akan tetapi, hampir setengah dari luas Rawa Pening ini ditumbuhi oleh tanaman enceng gondhok. Tanaman Enceng gondhok ini diyakini oleh banyak orang bermanfaat untuk ikan maupun biota air lainnya sebagai tempat untuk berlindung dari paparan sinar matahari. 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Atlet Perempuan Indonesia yang Berprestasi di Kancah Internasional

BACA JUGA:Laptop Anda Lemot? Berikut 10 Cara Memperbaikinya

Rawa Pening ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat wisata, tetapi juga masyarakat di sekitar Rawa Pening ini memanfaatkannya sebagai tempat memancing maupun mencari ikan dengan menggunakan jala oleh nelayan. 

Kebanyakan warga yang tinggal disekitar Rawa Pening ini yang berprofesi menjadi seorang nelayan. Tak usah heran apabila kalian berkunjung ke rawa ini, kalian akan melihat banyak perahu nelayan yang berada di tengah dan tepian danau. Perahu-perahu nelayan yang terletak di tepian danau tersebut semakin menambah keindahan rawa pening ini.

Apabila kalian penasaran ingin menikmati nuansa berada di air rawa, kalian tentu saja bisa mencoba mengitari kawasan Rawa Pening ini menggunakan perahu yang telah disewakan oleh warga setempat.

 Biaya yang dikeluarkan untuk mengitari danau ini juga terbilang sangatlah murah karena kalian cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 30.000,- saja. Dengan biaya segitu, kalian akan dibawa mengitari wilayah Rawa Pening selama 40 menit. Sensasi kenikmatan mengelilingi rawa ini wajib kalian coba, karena kalian pasti akan nagih suasana berkeliling di atas air yang dikelilingi enceng gondhok. Bagaimanakah akses untuk Menuju ke destinasi Wisata Rawa Pening?

Apabila kalian ingin menuju ke kawasan Rawa Pening kalian bisa mengambil rute perjalanan melalui Ambarawa. Rute perjalanan dimulai dari monument palagan Ambarawa, hingga pada akhirnya menuju arah ke Banyubiru. Kalian harus mengikuti petunjuk jalan yang tersedia, sehingga kalian akan sampai pada tujuan yakni ke Rawa Pening. Letak dari Rawa Pening  tidak terlalu jauh dari jalan raya.

Ketika kalian tiba di Rawa Pening, kalian akan disambut atau disuguhkan dengan adanya Kampung Rawa. Di sekitar wilayah Rawa Pening inilah yang mengelola maupun mendirikan Kampung Rawa. Di wilayah Rawa Pening ini juga tersedia beberapa rumah makan apung

Tidak hanya rumah makan apung, tetapi juga terdapat beberapa wahana bermain anak, seperti bebek air, becak mini, perahu air, bahkan wisata perahu yang mengelilingi danau Rawa Pening. Untuk menikmati wahana permainan yang tersedia tersebut, kalian tentunya akan dikenakan biaya yang tidak akan memberatkan kantong.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dlh.semarangkota.go.id