Mantan Presiden Italia 2 Periode Giorgio Napolitano Tutup Usia

Mantan Presiden Italia 2 Periode Giorgio Napolitano Tutup Usia

Mantan Presiden Italia 2 Periode Giorgio Napolitano Tutup Usia --instagram.com/@giorgionapolitano

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Sebuah kabar duka menyelimuti dunia perpolitikan dunia, mantan Presiden Italia Giorgio Napolitano (98 tahun) telah tutup usia Jumat (22/9/2023) waktu setempat.

Sebelumnya mantan Presiden Italia Giorgio Napolitano tersebut, sempat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit yang berada di ibukota Italia yaitu Roma selama beberapa pekan. Meninggal dunianya Napolitano ini menimbulkan duka cita bagi publik Italia.

Pasalnya selama hidupnya Napolitano telah memimpin "pertempuran penting untuk pembangunan sosial, perdamaian, dan kemajuan di Italia dan Eropa." Ujar Presiden Italia saat ini yaitu Sergio Mattarella.

Berdasarkan rekam jejaknya. Napolitano merupakan mantan tokoh dari partai komunis pertama, yang menjadi presiden Italia menjadi orang pertama terpilih dua kali menduduki jabatan tersebut.

BACA JUGA:Tinggal Didalam Rumah Es, Ini Rahasia Orang Eskimo Agar Tidak Kedinginan di Rumah Iglo

Selama hidupnya Napolitano bersikap moderat dan kenegarawanan, serta dianggap sebagai penjamin stabilitas di masa turbulensi kronis dalam politik Italia.

Berdasarkan rekam jejak, mantan Presiden Italia Napolitano Lahir tahun 1925 di bawah pemerintahan Mussolini, setelah itu dirinya bergabung dengan kelompok perlawanan komunis diusia yang masih cukup muda yaitu 17 tahun.

Pada tahun 1945 Giorgio Napolitano bergabung dengan partai, dan akhirnya terpilih menjadi anggota parlemen pada tahun 1953.

Setelah Partai Komunis Napolitano bergabung dengan Partai Demokrat Kiri, yang membuat dirinya terpilih sebagai Presiden Italia tahun 2006 ditengah situasi politik yang tidak stabil.

BACA JUGA:Ini Yang Harus Dipelajari Sebelum Memutuskan Mengambil Cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Dan pada tahun 2013 Napolitano berniat untuk pensiun pada tahun 2013, namun karena pemilihan legislatif tidak meyakinkan Giorgio Napolitano kembali menjadi Presiden hingga dirinya mengundurkan diri pada tahun 2015.

Hari ini, Italia merenungkan perjalanan politik seorang negarawan ulung, Giorgio, yang pernah menjabat sebagai Presiden Italia selama dua periode yang sukses.

Giorgio, yang nama lengkapnya Giorgio Napolitano, adalah salah satu tokoh terkemuka dalam sejarah politik Italia modern. Mari kita simak perjalanan karirnya yang menginspirasi.

Giorgio lahir pada tanggal 29 Juni 1925, di Napoli, Italia. Ia memulai karir politiknya sebagai seorang anggota Parlemen Italia pada tahun 1953 dan menjadi anggota Partai Komunis Italia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber