Mau Daftar CPNS 2023, Lulusan SMA/SMK Bisa Kok, Cek Formasi Lengkapnya di Sini!

Mau Daftar CPNS 2023, Lulusan SMA/SMK Bisa Kok, Cek Formasi Lengkapnya di Sini!

Mau Daftar CPNS 2023, Lulusan SMA/SMK Bisa Kok, Cek Formasi Lengkapnya di Sini!--Foto: instagram @studicpns.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Tidak hanya untuk merekrut PPPK, tetapi juga untuk merekrut CPNS, pemerintah memerlukan calon aparatur sipil negara (CASN) yang lulus dari SMA atau setara dalam jumlah yang cukup besar.

Kementerian Hukum dan HAM telah mengumumkan lowongan melalui Pengumuman Nomor SEK.KP.02.01-633, dengan kebutuhan CPNS Kemenkumham sebanyak 1.000 orang yang berasal dari lulusan SMA. Lowongan ini khusus untuk jabatan penjaga tahanan di 33 kantor wilayah.

Dalam pengumuman tersebut, disebutkan bahwa pelamar jabatan penjaga tahanan harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun, dengan kualifikasi pendidikan SLTA atau setara.

Penghasilan total yang ditawarkan untuk posisi penjaga tahanan, baik pria maupun wanita, adalah antara Rp 5,71 juta hingga Rp 6,26 juta, dengan jumlah terbanyak dibutuhkan di Jawa Tengah sebanyak 115 orang.

BACA JUGA:Korban Invetasi Bodong FEC Di Sumsel Yang Melapor ke Polda 139 Orang Dengan Kerugian Hingga Rp 3,5 Miliar

Selain Kemenkumham, Kejaksaan Agung juga mengumumkan kebutuhan untuk lulusan SMA, termasuk 2.198 formasi penjaga tahanan dengan rentang gaji antara Rp 5,66 juta hingga Rp 7,06 juta.

Selain itu, terdapat 57 formasi untuk CPNS penyandang disabilitas dengan nominal gaji yang sama.

Selain CPNS, pemerintah juga membuka rekrutmen PPPK untuk lulusan SLTA atau SMA setara. Contohnya adalah pemadam kebakaran di pemerintah daerah, seperti di Kabupaten Barito Selatan yang membutuhkan 41 formasi dengan pendapatan antara Rp 3 juta hingga Rp 4 juta, dan di Kabupaten Landak yang membutuhkan 105 formasi pemadam kebakaran dengan gaji Rp 2,33 juta hingga Rp 3 juta.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKN) juga mencari lulusan SLTA atau SMA setara untuk PPPK Teknis, seperti petugas lapangan keluarga berencana di berbagai daerah, dengan pendapatan antara Rp 2,51 juta hingga Rp 6,74 juta.

Pada tanggal 20 September 2023, sekitar 92,97 persen dari formasi CASN sudah divalidasi dan diumumkan di sscasn.bkn.go.id untuk para pelamar CASN baru.

BACA JUGA:Update Zodiak Hari Ini Kamis 21 September 2023, Ramalan Zodiak Sagitarius Menuai Manfaat dari Kerja Keras

Beberapa instansi pemerintahan, baik di tingkat pusat maupun daerah, juga telah mengumumkan kebutuhan formasi CASN untuk tahun ini, baik untuk kategori CPNS maupun PPPK.

Total kebutuhan formasi secara keseluruhan adalah sebanyak 572.496 formasi, terdiri dari 78.862 ASN untuk instansi pemerintah pusat dan 493.634 ASN untuk pemerintah daerah.

Secara lebih rinci, formasi CASN di pemerintah pusat terbagi menjadi 28.903 formasi untuk CPNS dan 49.959 formasi untuk PPPK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber