Mengisi BBM Tapi Mesin Kendaraan Menyala Akan Memicu Percikan Api dan Berisiko Menyebabkan Kebakaran

Mengisi BBM Tapi Mesin Kendaraan Menyala Akan Memicu Percikan Api dan Berisiko Menyebabkan Kebakaran

Mengisi BBM Tapi Mesin Kendaraan Menyala Akan Memicu Percikan Api dan Berisiko Menyebabkan Kebakaran.--instagaram.com/@pertamaxseries.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Di beberapa SPBU meminta agar konsumen mematikan mesin saat sedang malakukan pengisian BBM.

Sebagian lagi tidak peduli. Karena itu pula, banyak yang tidak mematikan mesin mobil selagi mengisi BBM Lantas apa pentingnya mematikan mesin kendaraan saat dilakukan pengisian BBM?

Jawaban paling ilmiah dari akun Pertamaxseries.id yaitu uap bahan bakar dan listrik statis dari mesin kendaraan yang masih menyala berbahaya. Hal ini akan memicu percikan api dan berisiko menyebabkan kebakaran.

Disisi lain, masyarakat kadang cuek dengan bahaya yang mengintai ini. Terlebih dalam cuaca yang cukup panas. Biasanya akan terlihat bayangan BBM yang menguap dari slang pengisian. 

BACA JUGA:Update Shio Besok Senin 18 September 2023, Ramalan Shio Anjing Harus Bangga, Shio Naga Jangan Egois

Dalam ulasan ini, kita akan menjelaskan mengapa mematikan mesin kendaraan saat pengisian BBM sangat dianjurkan? Ini penjelasan mengenai tindakan sederhana ini yang membantu meminimalkan risiko kecelakaan dan kerusakan pada kendaraan.

1. Keselamatan Terpenting

Alasan utama mengapa disarankan untuk mematikan mesin mobil saat mengisi BBM adalah keselamatan. Mesin mobil beroperasi dengan berbagai komponen yang dapat menghasilkan panas, percikan, atau bahkan api terbuka. 

Ketika Anda memasukkan nosel dispenser BBM ke dalam tangki, ada risiko kecil terjadinya percikan api yang dapat menyebabkan ledakan jika ada kebocoran gas.

BACA JUGA:Xenotransplantasi Ginjal Babi yang Dimodifikasi Genetik: Kasus Terlama dalam Sejarah

Dalam kondisi normal, risiko ini sangat rendah, tetapi tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan risiko tersebut.

Menghentikan mesin mobil secara efektif menghilangkan potensi risiko ini, karena tidak ada aliran listrik yang berjalan melalui sistem kendaraan.

Dengan demikian, tindakan ini adalah langkah yang bijaksana untuk melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitar pompa bensin.

2. Mencegah Kebocoran BBM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber