Keunikan dan Panorama Keindahan Gunung Jempol

Keunikan dan Panorama Keindahan Gunung Jempol

Keunikan dan Panorama Keindahan Gunung Jempol--Istimewa

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Gunung Jempol atau yang lebih dikenal masyarakat setempat dengan Bukit Serelo ini berdiri kokoh dengan letaknya yang berada diketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Gunung Jempol ini tidak jarang disebut oleh masyarakat setempat dengan nama Bukit Telunjuk.

Gunung Jempol ini letaknya tepat berada di Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan dengan jarak sekitar 276 km jika perjalanan ditempuh dari Palembang. Bukit Salero atau Gunung Jempol ini disebut sebagai salah satu landmark serta icon kota Lahat.

Banyak warga setempat menyebut Gunung Jempol ini dengan sebutan Bukit Tunjuk. Alasan warga menamainya Bukit Telunjuk oleh karena bentuk yang ada pada puncaknya menyerupai telunjuk yang menjulang tinggi ke langit. 

Jika kita perhatikan dengan baik, bentuk yang ada pada bukit ini memang sangatlah unik. Bukit yang mempunyai bentuk seperti sedang menunjuk ke langit.

BACA JUGA:Sialang, Surga Tersembunyi di Tanjung Sakti

BACA JUGA:Legenda Masumai Penunggu Gunung Dempo

Banyak masyarakat lokal pun mempercayai bahwasannya konon Bukit Telunjuk atau Gunung Jempol ini mengingatkan kepada para manusia dengan Tuhan yang posisinya lebih tinggi.

Pesona keindahan yang dmiliki bukit ini benar-benar menakjubkan. Karena pesonanya yang menakjubkan inilah menjadikan banyak pendaki lokal maupun dari luar daerah yang penasaran ingin menyaksikan panorama keindahan serta bentuknya yang asli dari jarak dekat.

Pada wilayah di sekitar bukit ini cukup unik karena letak dari Gunung Jempol ini dikelilingi oleh Sungai Lematang yang cukup jernih.

Dengan keberadaan sungai disertai debit airnya yang cukup jernih menjadikan pemandangan disekitar Gunung Jempol ini semakin mempesona.

Pada bagian bawah bukit, seringkali dijadikan wilayah untuk rekreasi maupun berkemah. Ketika para wisatawan tertarik untuk mendaki, para wisatawan hendaknya ekstra berhati-hati, hal ini disebabkan oleh keberadaan angin yang menerpa bukit ini konon sangatlah kuat sehingga bisa menerbangkan tenda. 

Berbicara mengenai udara di sekiataran bukit, para wisatawan akan menikmati udara yang sejuk ketika siang hari disertai hawa yang cukup dingin pada malam hari.

Untuk bisa sampai dan menikmati panorama keindahan dari atas bukit ini bukanlah hal yang cukup mudah, tidak hanya perihal jarak pendakiannya yang jauh, jalanan yang terjal dan begitu licin dimana sudut pendakiannya bisa mencapai hingga 75 derajat juga menjadi alasan mendaki Gunung ini cukuplah sulit.

Tidak hanya itu saja, Gunung Jempol atau Bukit Serelo ini disebut sebagai bukit dengan bebatuan yang hanya ditumbuhi oleh semak-semak dengan bentuk seperti ilalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ksmtour.com