Jalan Sehat Semen Baturaja Rayakan HUT ke-25 Kementerian BUMN

Jalan Sehat Semen Baturaja Rayakan HUT ke-25 Kementerian BUMN

Jalan sehat bersama BUMN yang digelar SMBR dalam rangka HUT BUMN Ke-25.-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID – Di hari jadinya ke-25, Kementerian BUMN menggelar jalan sehat bersama secara serentak di seluruh Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten OKU, Menteri BUMN Erick Thohir dan PT Semen Baturaja (SMBR) juga mengajak seluruh karyawan BUMN dan masyarakat untuk Jalan Sehat Bersama.

Jalan sehat dan pameran UMKM ini dilaksanakan di 234 Kabupaten/Kota di Indonesia. Kementerian BUMN juga mengusung konsep Estafet Obor BUMN dari Sabang sampai Merauke dilakukan secara bertahap di 15 provinsi, mulai 12 Februari lalu hingga 19 Maret 2023 ini dengan tema “Bersama BUMN, Menuju Indonesia Sehat”.

Jalan Sehat Bersama BUMN 2023 menandai kebersamaan Kementerian BUMN dan masyarakat yang telah terbina selama 25 tahun, dengan harapan Kementerian BUMN dan perusahan BUMN hadir lebih dekat dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, yang merupakan modal dasar pembangunan.

Sebagai bagian dari BUMN, PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) yang merupakan anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) juga menggelar Jalan Sehat Bersama BUMN di Ogan Komering Ulu (OKU) yang diikuti tiga ribu peserta. Jalan sehat ini dipusatkan di Lapangan Ahmad Yani Taman Kota Baturaja, OKU pada hari Minggu, 5 Maret 2023.

BACA JUGA:Strategi Jepang dalam Memitigasi Bencana Alam

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara SMBR dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Di mana jalan sehat kali ini merupakan rangkaian jalan sehat dan olahraga bersama yang digelar di Bandar Lampung pada 26 Februari 2023 yang lalu.

Hadir juga pada jalan sehat ini Direksi SMBR, Perwakilan Manajemen PNM, Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah, Kaporles OKU, Ketua DPRD OKU,  Dandim 0403 OKU, serta sejumlah pejabat lainnya.

Direktur Fungsi Operasi SMBR Suherman Yahya mengatakan, sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, Kementerian BUMN menjalankan program BUMN Untuk Indonesia yang diharapkan dapat  mendorong BUMN memberikan sumbangan terbaik bagi negeri dan masyarakat.

"Termasuk halnya bagian dari kegiatan Jalan Sehat Bersama BUMN 2023 merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Semen Baturaja. Semen Baturaja merupakan bagian aset bangsa di bawah SIG dan Kementerian BUMN, berkesempatan untuk kian dekat dengan seluruh lapisan masyarakat," ungkap Suherman.

BACA JUGA:Video: Lapas Sekayu Bekali Warga Binaan Skill Kerajinan Tangan

Menurut Suherman, Jalan Sehat Bersama BUMN adalah  kesempatan bagi SMBR untuk memperkuat kolaborasi bersama masyarakat, sehingga menjadi  bekal melanjutkan transformasi pengembangan inovasi produk dan layanan.

Secara singkat Suherman juga menjelaskan sejarah perkembangan SMBR hingga berbagi dengan Semen Indonesia Grup (SIG). Menurutnya, PT Semen Baturaja Tbk (sebelumnya PT Semen Baturaja) didirikan pada tahun 1974. Pada awal pendirian, kepemilikan saham perseroan terdiri dari PT Semen Padang (Persero) sebesar 55 persen dan PT Semen Gresik (Persero) sebesar 45 persen.

"Pada 9 November 1979, atau setelah 5 (lima) tahun berdiri, terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham, dengan 88 persen dikuasai Pemerintah Republik Indonesia, 7 persen PT Semen Padang (Persero) dan 5 persen PT Semen Gresik (Persero). Dengan perubahan komposisi saham tersebut, Perseroan berganti nama menjadi PT Semen Baturaja (Persero)," jelasnya.

Hingga pada 15 Oktober 1991, seluruh saham Perseroan diambil alih secara penuh oleh Pemerintah. Yang kemudian  seiring dengan perkembangan bisnis Perseroan, PT Semen Baturaja (Persero) melakukan aksi korporasi, yakni penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di mana saham Perseroan resmi diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan Kode Saham SMBR.

BACA JUGA:Video: Nanas Termanis Ada di Agrowisata Prabumulih

"Dengan adanya aksi korporasi tersebut, status Perseroan berubah menjadi Perseroan Terbuka dan mengalami perubahan nama menjadi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk.

Kemudian pada akhir tahun 2022 menjadi milestone bersejarah bagi SMBR, di mana proses integrasi SMBR ke PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)  diselesaikan, hingga saat ini bergabung dengan SIG.

Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah menyampaikan apresiasinya terhadap SMBR, yang melalui jalan sehat tersebut diharapkan dapat meningkatkan silaturahmi, membangun kebersamaan dan membentuk kebiasaan masyarakat untuk berolahraga.

“25 Tahun kita telah merasakan manfaat nyata keberadaan BUMN terutama SMBR di OKU. Salah satunya dengan CSRnya Jembatan Ogan I yang telah direvitalisasi yang menjadi  dukungan riil terhadap pembangunan di OKU yang merupakan wilayah operasional PT SMBR," kata Teddy.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Olahraga Kardio yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Pelaksanaan Jalan Sehat Bersama BUMN di Kota Baturaja ini ditandai dengan penyerahan Estafet Obor BUMN oleh Perwakilan Karyawan SMBR kepada Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah, yang kemudian diserahkan kepada Direksi SMBR.

Jalan Sehat Bersama BUMN di Kota Baturaja ini dimeriahkan pula dengan sajian hiburan musik dan para penyanyi setempat. Selain itu, para peserta pun diajak untuk senam zumba. Di lokasi acara, para peserta dapat mengunjungi bazar UMKM yang diisi oleh 12 UMKM mitra binaan SMBR dan UMKM lokal.

Jalan Sehat Bersama BUMN di Kota Baturaja makin meriah karena Menteri BUMN juga menyiapkan 1 unit sepeda motor listrik bagi peserta yang beruntung.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv