Polres Prabumulih Perbanyak Kegiatan Preemtif Cegah Karhutla

Polres Prabumulih Perbanyak Kegiatan Preemtif Cegah Karhutla

Polres Prabumulih perbanyak kegiatan preemtif untuk cegah karhutla, Senin (11/9/2023).-Benny Firdaus-PALTV

PRABUMULIH, PALTV.CO.ID - Kapolres Prabumulih AKBP Witdiardi SIK MH usai menggelar rapat koordinasi penanggulangan Karhutla pada hari Senin, 11 September 2023 menyampaikan, hingga saat ini belum ada oknum yang melakukan pembakaran lahan atau hutan secara sengaja.

Selain itu, menurut AKBP Witdiardi, Polres Prabumulih juga belum menaikkan kasus kebakaran lahan yang beberapa kali terjadi ke tingkat penyidikan.

Meski kondisi kabut asap tidak terlalu pekat dan masih dalam kondisi aman, Kapolres Prabumulih AKBP Witdiardi mengatakan, untuk mencegah karhutla pihaknya akan memperbanyak kegiatan preemtif dan preventif.

"Bilamana ada kebakaran, kami turun bersama memadamkan api, mengumpulkan bukti dan saksi-saksi serta pemilik lahan. Namun sampai saat ini di Prabumulih belum ada yang melakukan pelanggaran cukup untuk dinaikkan ke penyidikan, sehingga kami perbanyak kegiatan preemtif dan preventif," jelas AKBP Witdiardi.

BACA JUGA:HUT Ke-18 PALTV, Kajati Sumsel Berharap PALTV Jadi Media Terdepan dan Terpecaya Sajikan Informasi dan Berita

BACA JUGA:Bikin Merinding!!! Misteri Bau Aroma Yang Di percaya Penanda Kehadiran Makluk Astral di Malam Jumat

Selama penanganan Karhutla, Polres Prabumulih banyak menerima masukan dari masyarakat terkait penyediaan alat berat untuk membuka lahan.

Menurut mantan Kapolres Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, peralatan tersebut tidak harus dimiliki oleh petani namun bisa menjadi inventaris Kelurahan atau Desa.

"Memang dari kami ke Desa/Kelurahan yang ada beberapa warga menyampaikan perlunya bantuan alat untuk membuka lahan, bahkan mereka menyampaikan tidak harus menjadi milik dari masing-masing petani, tapi bisa jadi menjadi inventaris Kelurahan Desa untuk digunakan secara bergantian oleh warga," ujarnya.

Sementara itu, rapat koordinasi Karhutla yang di gelar di Polres Prabumulih tersebut dihadiri Ketua DPRD Kota Prabumulih Sutarno SE, Humas Pertamina, Asisten III, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Prabumulih.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv