Ingin Jadi Jurnalis? Berikut 5 Tips Menjadi Jurnalis untuk Pemula

Ingin Jadi Jurnalis? Berikut 5 Tips Menjadi Jurnalis  untuk Pemula

blog.myskill.id--pixabay.com

Salah satu cara untuk masuk ke dunia kerja adalah berjejaring dengan orang yang tepat. Maka mulailah berjejaring dengan penulis, editor, reporter, dan orang-orang di dunia jurnalistik.

Cara termudah untuk berjejaring adalah terhubung dengan jurnalis yang Anda sukai di jejaring sosial mereka. Cobalah untuk bertanya dengan sopan tentang hal-hal yang ingin Anda ketahui tentang pekerjaannya. Ceritakan tentang tujuan karir Anda dalam jurnalisme. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan banyak nasihat dari mereka.

5. Usahakan untuk Magang Sebelum Menjadi Jurnalis 

Cara ini juga merupakan langkah yang efektif. Magang dapat melatih keterampilan Anda dan membantu Anda membangun jaringan. Lakukan magang di perusahaan media, surat kabar atau majalah untuk mendapatkan pengalaman jurnalisme. Anda bisa belajar langsung bagaimana seorang jurnalis bekerja.

Semakin banyak publikasi digital tersedia, peluang Anda untuk menjadi jurnalis pemula dengan menulis blog atau artikel semakin meningkat. Secara material, pelatihan hanya memberi Anda keuntungan kecil. Namun selain itu, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: blog.myskill.id