Harga Emas Antam Turun Sebesar Rp 3.000/gram

Harga Emas Antam Turun Sebesar Rp 3.000/gram

Harga Emas Antam Turun--Sumber poto : freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Harga emas Antam yang dihasilkan oleh PT Aneka Tambang Tbk mengalami penurunan sebesar Rp 3.000 menjadi Rp 1.076.000 per gram dalam perdagangan hari ini, Jumat (1/9). Harga ini lebih rendah dibandingkan dengan hari sebelumnya yang berada pada level Rp 1.079.000 per gram.

Penurunan harga emas juga berdampak pada harga beli kembali (buyback) emas Antam, yang turun sebesar Rp 3.000 menjadi Rp 956.000 per gram dari harga sebelumnya yaitu Rp 959.000 per gram. Meskipun begitu, Antam memastikan bahwa harga buyback emas mengikuti pergerakan harga emas di pasar dunia.

Berdasarkan laporan dari Reuters, harga emas dunia mengalami stabilitas pada hari Kamis, mendekati level tertinggi dalam satu bulan. Hal ini disebabkan oleh inflasi di Amerika Serikat dan data lapangan kerja yang kurang memuaskan, yang memperkuat harapan bahwa Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga pada tahun ini.

Di pasar spot, harga emas turun tipis sebesar 0,1 persen menjadi USD1.940,23 per ons pada pukul 13:51 EDT (1751 GMT), mendekati level tertinggi sejak 2 Agustus, yaitu USD1.948,79 yang tercapai pada hari Rabu. Sementara itu, harga emas berjangka AS ditutup 0,4 persen lebih rendah pada USD1.965,90.

BACA JUGA:Terbongkar Rahasia Kesuksesan Ellon Musk Sang Pengusaha Muda yang Penuh Menginspirasi

BACA JUGA:Sopir Truk Pembawa 40 Ton Batubara Ilegal Kembali di Amankan Polres Muara Enim

 

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) yang mengukur inflasi di AS mengalami kenaikan sebesar 0,2 persen pada bulan lalu, yang sama dengan kenaikan pada bulan Juni. Dalam periode 12 bulan hingga Juli, indeks harga PCE naik sebesar 3,3 persen setelah sebelumnya naik 3,0 persen pada bulan Juni.

Belanja konsumen di AS, yang berkontribusi lebih dari dua pertiga dari aktivitas ekonomi negara tersebut, mengalami peningkatan pada bulan Juli. Saat ini, harga emas sedang dalam mode menunggu, karena penurunan imbal hasil obligasi dapat mendorong penguatan harga emas batangan.

Kenaikan imbal hasil dari surat utang Treasury AS dan penguatan indeks dolar, setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan akibat data ekonomi, membuat emas batangan yang tidak menghasilkan bunga menjadi kurang menarik bagi investor.

Di sisi lain, berikut adalah rincian harga emas Antam untuk berbagai ukuran, diambil dari Butik Emas LM, Graha Dipta, Pulo Gadung, Jakarta Timur pada tanggal 1 September 2023. Harga-harga ini belum termasuk pajak:

BACA JUGA:Menghargai Keunikan Anak Pendiam dan Super Aktif: Cara Mendukung Perkembangan Mereka

BACA JUGA:Ngak Habis Fikri, Harga Beras Palembang Sudah Naik

Harga emas 0,5 gram: Rp 588.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumber: antam.com