Hidup Menggunakan Air Minum dari Sungai Selama Puluhan Tahun, Warga Pinggiran Musi Tetap Sehat

Hidup Menggunakan Air Minum dari Sungai Selama Puluhan Tahun, Warga Pinggiran Musi Tetap Sehat

HIdup dengan minum air sungai selama puluhan tahun, warga pinggiran sungai Musi tetap sehat.--instagram.com/@hpikota palembang

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Jika kita menelusuri kehidupan masyarakat pinggiran sungai. Tidak semuanya tersentuh air PDAM yang higenis. Justeru dengan air sungai yang diendapkan dengan kaporit, warga pinggiran sungai Musi ini bertahan hidup sampai puluhan tahun, dan masih bisa bertahan tetap sehat.

Kebiasaan mengkonsumsi air Sungai diendapkan kaporit ini dilakoni sebagian masyarakat miskin yang tidak teraliri air ledeng. Manfaat kaporit untuk menjernihkan air memang diakui secara ilmiah. Karena memiliki manfaat diantaranya

Pembersihan Bakteri dan Mikroorganisme: Kaporit memiliki sifat antimikroba yang kuat dan efektif dalam membunuh bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya yang dapat mengkontaminasi air. Ini membuatnya berguna dalam menjaga air tetap bersih dan aman untuk konsumsi.

Deaktivasi Virus: Kaporit efektif dalam menghancurkan virus, termasuk virus-virus yang mungkin ada dalam air minum atau air yang digunakan untuk keperluan sanitasi.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Dilempar Sendal dan Air Mineral Saat di Medan, Ternyata Ini Profil Pelaku dan Motifnya

Penghilangan Bau dan Rasa Tidak Sedap: Kaporit dapat membantu menghilangkan bau dan rasa yang tidak sedap dari air, terutama bau klorin yang lebih umum terjadi saat kaporit digunakan dalam jumlah yang berlebihan.


HIdup dengan minum air sungai selama puluhan tahun, warga pinggiran sungai Musi tetap sehat.--instagram.com/@infopbun

Oksidasi Bahan Organik: Kaporit memiliki sifat oksidatif yang dapat membantu mengurai bahan organik yang terdapat dalam air, seperti daun, alga, dan lain-lain. Ini membantu menjaga kualitas air dengan mengurangi kandungan bahan organik yang dapat menyebabkan pertumbuhan mikroorganisme.

Pemutihan Air: Kaporit adalah bahan pemutih yang kuat dan sering digunakan untuk memutihkan air yang digunakan dalam berbagai keperluan, termasuk air kolam renang dan air minum.

Penggunaan kaporit  oleh masyarakat ini dilakukan berdasarkan pengetahuan secara adat turun temurun. Masyarakat menggunakan kaporit yang ditambahkan ke air seharusnya dikendalikan, agar tidak terjadi overklorinasi yang dapat menyebabkan efek samping berbahaya.

BACA JUGA:Rahasia Tersembunyi : Anda Tak Akan Percaya Fasilitas di Kepulauan Seribu Ini Layaknya Pelayanan Kota Besar.

Kaporit juga dapat berinteraksi dengan senyawa lain dalam air dan menghasilkan senyawa yang kurang diinginkan. Oleh karena itu, penggunaan kaporit harus sesuai dengan pedoman dan standar yang ditetapkan untuk keamanan dan efektivitasnya.

Lalu, mengapa mereka bisa bertahan dengan kondisi air tanpa filter yang higenis dan apakah memang tubuh mereka memliki kekebalan terhadap bakteri atau penyakit karena air tidak higenis. Berikut ulasannya. 

Orang dapat hidup puluhan tahun dengan mengonsumsi air sungai yang tidak higienis karena tubuh manusia memiliki mekanisme pertahanan dan adaptasi terhadap lingkungan yang kurang steril. Beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan tubuh manusia untuk bertahan terhadap air sungai yang tidak higienis termasuk:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber