Peserta Antusias Ikuti Kontes Ayam Pelung

Peserta Antusias Ikuti Kontes Ayam Pelung

komunitas pecinta ayam pelung-Irawan-PALTV.CO.ID

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ayam pelung merupakan salah satu jenis Ayam hias yang identik dengan perawakan tubuh besar dan suara kokokan yang khas.

Dengan keunikannya itu, kini komunitas pecinta ayam pelung tumbuh subur di Indonesia khususnya di kota Palembang.

Mewadahi hal tersebut, kini beragam kontes ayam pelung pun rutin digelar, salah satunya seperti yang terlihat di kontes ayam pelung yang digelar di jalan radio kota Palembang pada Minggu pagi terlihat antusiasme peserta dalam mengikuti kontes ayam pelung ini.

Ketua Perhimpunan Penggemar Ayam Pelung Nusantara Sumsel Asep Hidayat menyampaikan dalam kontes ini ada beberapa nomor yang dipertandingkan, mulai dari kategori ayam muda dan ayam umum.

BACA JUGA:Banjir Rendam Jalan dan Rumah Warga

Untuk penilaian dalam kontes ayam pelung ini sendiri dibagi tiga, yakni dari segi suara dan irama kokokan, berat badan, dan penampilan.

Untuk membuat kontes ini semakin menarik, pihak panitia pun mendatangkan juri tingkat nasional dalam kontes ini.

Sementara itu, panitia kontes ayam pelung Edi Joko mengatakan kontes ini sendiri berjalan dengan atusiasme tinggi para penghobi ayam pelung di mana untuk peserta cukup banyak, mulai dari ketegori jejangkar diikuti sebanyak 50 perserta hingga kategori ayam umum diikuti sekitar 80 peserta.

“Tak hanya dari Palembang peserta kontes ayam pelung ini berasal dari berbagai daerah di Sumsel, Lampung dan daerah lainnya.

BACA JUGA:Jurnalis Palembang Tolak Pasal Bermasalah RKUHP

Bagi ayam pelung pemenang kontes akan mendapatkan beragam hadiah hingga sertifikat dan tropi,” kata Edi.

Dilansir dari situs Wikipedia.org, ayam pelung adalah ras ayam lokal unggul dari daerah Cianjur, Jawa Barat.

Berbeda dengan kebanyakan biakan ayam yang diseleksi untuk penampilan fisik, ayam pelung diseleksi karena suara kokokannya yang panjang dan memiliki lagu, seperti ayam ketawa dan ayam Berg. Tentu saja hanya ayam jantan yang memiliki sifat ini.

Ukuran ayam ini relatif besar dengan bulu yang berkilau. Tidak ada standar khusus untuk fisik, tetapi telah ada standar bagi alunan suara kokokan. Ayam dewasa berukuran 5-6 kg dengan tinggi 40-50 cm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id