Pemkab Muara Enim Upayakan Perbaiki Pelayanan PDAM

Pemkab Muara Enim Upayakan Perbaiki Pelayanan PDAM

PLT Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah--Foto : PALTV -Mardiansyah

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Terkait masih banyaknya permasalahannya dan kurang baiknya pelayanan yang diberikan oleh PDAM Lematang Enim kepada Masyarakat, Pemerintah Kabupaten Muara Enim berupaya memperbaiki sistem pelayanan dan fasilitas yang ada, Jumat (18/8).

Perbaikan sistem ini masih membutuhkan waktu, karena masih bayaknya kendala yang dihadapi oleh PDAM saat di lapangan. 

Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah mengaku kalau permasalahan dari pelayanan PDAM merupakan masalah klasik yang haru mendapatkan pembaharuan. Masih banyak yang perlu diperbaiki untuk mengoptimalkan pelayanan dari PDAM, masalahnya jaringan yang sudah tua dan terbatas membuat sukitnya pendistribusian air bersih ke para pelanggan. 

"Ini salah satu yang mebjadi fokus utama pemerintah untuk memperbaiki pelayanan air bersih, tapi ini membutuhkan waktu, kita minta juga dukungan masyarakat agar semua bisa terselesaikan" ujar Kaffah. 

BACA JUGA:Menjaga Budaya dan Karakter Bangsa Warga Muara Enim Upacara Bendera Menggunakan Batik

BACA JUGA:Antisipasi Tawuran Antar Pelajar, Kapolres Banyuasin Mengajak Anggotanya untuk Patroli


Aksi protes warga di Kantor PDAM Lematang Enim hendak menumpan mandi karena tidak dialirin air bersih.--Foto : PALTV -Mardiansyah

Kita sama-sama tau ini merupakan masalah klasik yang belum juga terselesaikan, namun pihak PDAM juga sudah mengupayakan yang menjadi keluhan masyarakat. PDAM sendiri terkendala pada jaringan pipa yang sudah mulai berumur, ditambah lagi kurnagnya jangkauan yang menbuat sulitnya pendistribusian air bersih kepada pelanggan. Untuk produk air bersih selalu dilakukan oleh PDAM, dan ini juga masih ada kendala di tehnis, karena bahan baku yang dibutuhkan kadang tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan jadi harus dilakukan dengan lebih ekstra lagi. 

"Sampai saat ini kita selalu melakukan koordinasi agar permasalahan yang ada dilapangan bisa diselesaikan, karena ini menyangkut kebutuhan masyarakat" ungkapnya. Masyarakat harus sedikit bersabar hingga PDAM bisa memperbaiki dan merubah jqringan hingga menambah jaringan pipa agar setiap pelanggan bisa dilayani dengan baik. 

"Kita masih butuh waktu dan harus memberikan waktu kepada PDAM untuk berbenah, dan pihak PDAM harus terus bisa melayani dan memberikan kebutuhan air bersih kepada pelanggannya" tutupnya. 

Sebelumnya puluhan warga melakukan aksi dengan mendatangi Kantor PDAM Lematang Enim untuk menggunakan kamar mandi kantor, karena air bersih dari PDAM tersendat sejak satu hingga empat bulan. Permasalah distribusi air bersih sedang menjadi permasalahan yang sering terulang jadi masyarakat kesal dan melaksanakan aksi spontan tersebut. 

BACA JUGA:KPU Sumsel Masih Temukan Berkas DCS yang TMS

BACA JUGA:Doktor Ali Dahwir, SH., MH. Dilantik sebagai Rektor Universitas Palembang

Untuk mengatasi ini pihak PDAM akan mendistribusikan air bersih dengan menggunakan mobil tangki untuk mendatangi wilayah yang tidak mendapatkan air bersih. Untuk jangka panjangnya PDAM sedang berusah memperbaiki jaringan dan menambahkan jaringan agar pelayanan lebih optimal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv