Kriminolog Palembang Sebut Kepala Sekolah Harus Aktif dalam Antisipasi Tawuran

Kriminolog Palembang Sebut Kepala Sekolah Harus Aktif dalam Antisipasi Tawuran

Kriminolog dari Universitas STIHPADA Dr Derry Angling Kesuma mengatakan, Kepala Sekolah dan Guru berperan penting dalam antisipasi aksi tawuran pelajar di Palembang, Selasa (8/8/2023).-Irawan -PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Maraknya kembali tawuran antar pelajar yang terjadi di Kota PALEMBANG baru-baru ini, Dinas Pendidikan Sumsel dan aparat Kepolisian serta Kepala Sekolah dan Guru, diminta untuk lebih gencar lagi dalam melakukan upaya pencegahan atau antisipasi aksi tawuran.

Kriminolog dari Universitas STIHPADA Dr Derry Angling Kesuma mengatakan, aksi tawuran pelajar akhir-akhir ini semakin marak terjadi bahkan menimbulkan korban jiwa, dapat dikatakan sebagai salah satu indikasi gagalnya pendidikan. Selain Polri dan Pemerintah, pentingnya peran Kepala Sekolah dan Guru untuk mencegah aksi tawuran.

"Marak terjadi bahkan menimbulkan korban jiwa, Kepala Sekolah harus berperan peting dalam antisipasi mencegah aksi tawuran ini," ujar Kriminolog Derry Angling Kesuma.

Selain itu, Derry mengungkapkan seharusnya Kepala Sekolah dan Guru harus lebih tegas dan memberikan bayangan kepada pelajar dampak buruk dari aksi tawuran.

BACA JUGA:Tak Sampai 24 Jam, Jatanras Polda Sumsel Berhasil Amankan Pelaku Tawuran Hingga Korban Meninggal Dunia

BACA JUGA:Duel Maut 2 Pemuda Palembang, Korban Sempat WA Teman Dekat Sebelum Duel

"Kepala Sekolah harus tegas terhadap siswa dan harus memberikan pengetahuan terhadap buruknya dampak dari aksi tawuran," sambung Derry.

Selain pihak sekolah, Derry Angling Kesuma juga mengharapkan agar Kepolisian lebih aktif dalam melakukan sosialisasi pencegahan ke sekolah-sekolah. Misalnya, dengan mengaktifkan Bhabinkamtibmas untuk mendatangi sekolah-sekolah memberikan imbauan dan pembinaan.

"Pihak kepolisian juga lebih aktif dalam melakukan sosialisasi pencegahan ke sekolah. Misalnya, dengan mengaktifkan Bhabinkamtibmas untuk mendatangi sekolah-sekolah, memberikan imbauan dan pembinaan," tutup Derry.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv