Ceramah KH Zainuddin MZ: Tanda-tanda Manusia yang Dicintai Setan

Ceramah KH Zainuddin MZ: Tanda-tanda Manusia yang Dicintai Setan

Ceramah KH Zainuddin MZ: Tanda-tanda Manusia yang Dicintai Setan.-darksouls1-Pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- KH Zainuddin MZ dalam salah satu ceramahnya menjelaskan mengenai asal usul penciptaan manusia dan jin. Allah SWT menciptakan manusia dan jin dengan tujuan agar mereka beribadah kepada-Nya.

Orang yang tidak mentaati perintah ibadah ini disebut sebagai orang kafir. Sementara jin yang mengingkari perintah ini disebut sebagai setan atau syaitan dalam Al-Quran.

Dalam salah satu tayangan di kanal YouTube KH Zainuddin MZ yang berjudul "Orang Yang Dicintai Setan - Ceramah KH Zainuddin MZ" yang diunggah pada 5 April 2023, KH Zainuddin MZ menjelaskan bahwa orang yang dicintai oleh setan adalah mereka yang terlalu mencintai dunia dan melupakan akhirat, sehingga mereka tidak melaksanakan perintah Allah SWT.

Iblis, yang menolak perintah Allah untuk sujud kepada Nabi Adam AS, menjadi raja dari para setan. Para jin kafir kemudian bersekongkol dengan iblis dan menjadi bala tentara untuk menggoda manusia agar menjauh dari jalan yang diridhoi Allah SWT.

KH Zainuddin MZ mengutip ayat dari Al-A'raf (7:16-17) yang menggambarkan bagaimana iblis menyatakan niatnya untuk selalu menghalangi manusia dari jalan yang benar.

Iblis berjanji akan menggelincirkan manusia dari jalan yang lurus dan akan mencari sebanyak mungkin teman untuk menyertainya di neraka.

BACA JUGA:Lansia Terima Bansos Rp 600 Ribu Tahap 4, Penerima Tak Perlu Antre

BACA JUGA:Pernakah Anda Mendengar tentang Api Metanol? Berikut Risiko dan Bahaya yang Perlu Diketahui!

Ayat Al-A'raf (7:17) juga dijelaskan oleh KH Zainuddin MZ. Ia menyatakan bahwa jika iblis tidak berhasil menggoda manusia melalui hasutan dari depan (dunia), maka ia akan mencoba dari belakang, yakni dengan menjauhkan manusia dari akhirat.

Iblis berusaha membuat manusia lupa akan penciptanya dan terlalu fokus pada urusan dunia, seperti harta, tahta, dan kenikmatan duniawi lainnya.

Jika itu pun tidak berhasil, iblis akan mencoba menghalangi manusia dari segala kebajikan dengan membisikkan kejahatan dan godaan.

KH Zainuddin MZ menyimpulkan bahwa iblis dan setan senantiasa berupaya menghalangi manusia dari kebaikan dan membujuk mereka menuju keburukan.

Dalam pandangannya, iblis menggunakan berbagai cara untuk menjauhkan manusia dari jalan yang benar, dan manusia perlu berhati-hati agar tidak terperosok dalam perangkap tersebut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber