Perayaan Cap Go Meh Berlangsung Meriah di Pulau Kemaro

Perayaan Cap Go Meh Berlangsung Meriah di Pulau Kemaro

Puncak perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro berlangsung pada Jum'at malam 3 Februari 2023.-Abidin Riwanto-Abidin Riwanto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Perayaan Cap Go Meh tahun 2023 berlangsung meriah. Sejak Jum’at sore, 3 Februari 2023, ribuan masyarakat dan warga Tionghoa dari berbagai kota memadati Pulau Kemaro Palembang untuk merayakan puncak Perayaan Cap Go Meh perdana pasca pandemi.

Perayaan Cap Go Meh tahun ini begitu meriah. Para jemaah yang hendak menjalankan peribadatan berdatangan melewati jembatan ponton yang disiapkan panitia.

Sedangkan puncak perayaan Cap Go Meh berlangsung pada Jum’at malam. Para pengunjung menyalakan lampion, bakar dupa hingga aktivitas keagamaan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana Chandra Husin mengatakan perayaan Cap Go Meh di Palembang berbeda dengan di tempat lain. Di Palembang, Cap Go Meh dirayakan dua hari sebelum puncak perayaan.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Jadi Korban Penembakan di OKU

BACA JUGA:Kapolres OKU: Senjata Penembak Mahasiswa KKN Belum Teridentifikasi

“Cap Go Meh di Palembang lain. Cap Go Meh di Palembang ini diadakan dua hari sebelum Cap Go Meh, hari tiga belas dan empat belas. Nah hari lima belasnya untuk masyarakat Tionghoa sembahyang di rumah,” ungkap Chandra Husin.

Sementara itu, tokoh masyarakat Tionghoa Ko Alam mengatakan perayaan Cap Go Meh tahun ini sangat meriah, terlihat dari antusiasme warga Tionghoa dan masyarakat yang datang.

“Sebenarnya tidak ada perbedaan. Cuma karena sebelum tahun ini ditutupi oleh pandemi maka kita tidak merayakannya. Tahun ini kita merayakan untuk umum. Maka tahun ini luar biasa sangat ramai sekali dan kita harapkan tahun depan bisa lebih ramai lagi,” ujar Ko Alam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv