Permainan Kelereng: Permainan Zaman Dulu Sebelum Gadget Menyerang

Permainan Kelereng: Permainan Zaman Dulu Sebelum Gadget Menyerang

Permainan kelereng sejak zaman dulu menjadi permainan yang baik bagi anak. Sayangnya, sekarang sudah jarang karena dikalahkan gadget.--pixabay.com/@inspiredimages

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Permainan kelereng merupakan permainan zaman dulu sebelum gadget menyerang. Menjadi salah satu tradisi bermain yang populer di Indonesia. kelereng, bola kecil berwarna-warni yang terbuat dari kaca atau tanah liat, menjadi mainan yang menyenangkan bagi anak-anak dan bahkan orang dewasa. Permainan kelereng saat ini sudah jarang dimainkan, karena gadget lebih jadi pilihan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah permainan kelereng, cara bermainnya, manfaat edukatif yang terkandung di dalamnya, serta bagaimana permainan ini tetap relevan dan dicintai oleh masyarakat hingga saat ini.

Sejarah Permainan Kelereng di Indonesia

Permainan kelereng zaman dulu, telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Asal mula permainan kelereng tidak dapat dipastikan secara pasti, tetapi diyakini berasal dari Cina dan menyebar ke Asia Tenggara melalui jalur perdagangan. Kelereng pertama kali masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan dengan para pedagang dari Tiongkok dan India.

BACA JUGA:Ringkasan Bab 7 Filosofi Teras : Hidup Diantara Orang yang Menyebalkan

BACA JUGA:Tanggulangi Kebakaran, Pemkot Palembang Panggil PLN

Cara Bermain Kelereng

Permainan kelereng dapat dimainkan dengan berbagai cara, tergantung pada daerah atau budaya di Indonesia. Secara umum, ada beberapa cara bermain kelereng yang populer, seperti:

1. Bermain Masukkan: Pemain akan melempar kelereng ke dalam lingkaran yang telah ditandai di tanah. Pemain yang kelerengnya masuk dalam lingkaran memiliki kesempatan untuk mendapatkan kelereng lawan.

2. Bermain Kambing: Dalam permainan ini, kelereng-kelereng ditempatkan dalam formasi tertentu dan pemain harus melempar kelerengnya untuk mengenai kelereng lawan. Jika berhasil, pemain berhak memenangkan kelereng milik lawan.

3. Bermain Jangkar: Permainan ini mirip dengan bermain masukkan, namun menggunakan lubang sebagai target, dan kelereng yang masuk akan menjadi milik pemain.

BACA JUGA:Semua Orang Punya Jin Qorin, Ada yang Sudah Mengenalnya?

BACA JUGA:Panduan Memilih Daging Steak Yang Baik: Nikmati Sensasi Sempurna Aroma dan Kelezatannya

Manfaat Edukatif Permainan Kelereng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber