Pola Makan Sudah Benar! Tapi Kolesterol Masih Tinggi, Ini Penyebab Yang Tidak Banyak Orang Tahu.

Pola Makan Sudah Benar! Tapi Kolesterol Masih Tinggi, Ini Penyebab Yang Tidak Banyak Orang Tahu.

Kolesterol tinggi tidak hanya disebabkan oleh makanan. Kurang tidur dan stres pun bisa menyebabkan kolesterol tinggi.--instagram.com/@pembuluhdarah

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Pola makan sudah benar. Dalam artian kecukupan nutrisi sudah terpenuhi, sudah menghindari gorengan, gula, dan aneka jenis daging merah, mengurangi konsumsi seafood, namun kolesterol tetap tinggi. Ternyata ada penyebab lain yang mempengaruhi kolesterol tinggi yang bukan bersumber dari  makanan.

Dr ika devi Sp.PD dalam akun tiktoknya, menyebutkan kolesterol dalam jumlah yang pas dan seimbang, sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Untuk membentuk hormon yang berguna bagi tubuh seperti hormon testosteron, hormon kortisol, dan hormon estrogen. Dan Pembentukan asam empedu untuk membantu mencerna lemak makanan.

Bagi sebagian orang, menyalahkan makanan yang memicu kolesterol tinggi adalah hal yang lumrah. Namun, dengan pola makan yang benar tetap tinggi kolesterol akan menyebabkan kebingungan. Ternyata kolesterol tinggi bukan hanya disebabkan oleh makanan. Ada rangkaian proses metabolisme tubuh yang memicu kolesterol naik. Berikut hal-hal yang memicu kolesterol masih tinggi.

1.  Kurang tidur

BACA JUGA:Masjid- Masjid Terkenal di Dunia! Unik dan Mewah, Gunakan Ornamen Bahan Emas 24 karat.

BACA JUGA:Mengapa Orang Jepang Tidak Terbiasa Memberi Uang Tip?

Jika kurang tidur, maka kondisi internal tubuh akan memberikan respon. liver memproduksi kolesterol karena sebagai respon terhadap tubuh yang mengalami inflamasi dan oksidativ stres kurang tidur. Di sel-sel tubuh khususnya di pembuluh darah. Termasuk adanya insulin resistance.

Ibarat pemadam kebakaran kolesterol akan muncul untuk memadamkan api inflamasi fan oksidatif stres dalam tubuh. Kekurangan tidur itu mempengaruhi meningkatnya hormon kortisol yang berpengaruh pada kolesterol tinggi.

2. Stres

Mengalami tekanan emosional kalau kita banyak berpikir diikuti pula pola tidur yang salah, menyebabkan juga kolesterol akan naik. Itu karena internal tubuh bereaksi sehingga liver memproduksi kolesterol jahat. Peningkatan ini khususnya kolesterol LDL atau Low Desbsity Lipoprotein atau katakanlah kolesterol yang merugikan. Penumpukan LDL dapat memicu penyumbatan pembuluh darah. 

BACA JUGA:Sumsel Terkenal Dengan makanan Pindang!. Ini Kunci Cara Mengolah Aneka Pindang Agar Lezat

BACA JUGA:Mengapa Manajemen Kabel Penting? Simak Jawabannya!

Jika stres, tapi malah ditambah asupan yang mengandung kolesterol seperti jeroan siput kerang kepiting cumi dan sebagainya. Maka total kolesterol akan meningkat. Apalagi ditambah asupan yang proimflamasi seperti junk food, karbo, gula-gula dan sebagainya termasuk over dalam Omega 5 maka semakin meningkat kolesterol yang jahat atau rusak.

3. Peri menopause

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber