Mengapa Orang Jepang Tidak Terbiasa Memberi Uang Tip?

Mengapa Orang Jepang Tidak Terbiasa Memberi Uang Tip?

memberikan tip ke pegawai di Jepang kemungkinan besar bakal ditolakolak--Sumber Gambar : Pixabay/Michelle Raponi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Jepang menjadi salah satu negara yang banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia untuk dikunjungi, karena Jepang memiliki daya tarik baik dari segi budaya dan keindahan alam yang luar biasa.

Jepang yang juga dikenal sebagai negeri sakura ini juga merupakan bagian dari negara-negara Asean sama seperti Indonesia, namun meskipun sama-sama negara Asean tentu dari segi bahasa dan kebudayaan Jepang dan Indonesia memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk paling ramah di dunia dan saking ramah dan baiknya orang Indonesia seringkali memberikan tip atau kembalian kepada orang lain, memberi tip atau kembalian kepada orang  lain seperti pelayan dan lain sebagainya sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia dan sangat disambut baik pula.

Namun berbeda halnya dengan negara Jepang, memberi tip atau kembalian kepada orang lain bukanlah sesuatu yang lumrah bahkan kamu tidak akan pernah dengar orang jepang ngomong “ambil aja kembaliannya” hal inilah yang menyebabkan orang jepang seringkali di cap sebagai orang yang pelit.

BACA JUGA:Tips Jitu Mengatasi Kebuntuan Menulis

BACA JUGA:Bahaya Mikroplastik Bagi Kehidupan Manusia

Eits tapi jangan berfikir negatif dulu bahwa orang Jepang itu pelit yaa, orang Jepang bukannya pelit melainkan menurut orang-orang Jepang memberikan tip dianggap hal yang tidak sopan.

Jika kamu mencoba memberikan tip ke pegawai di Jepang kemungkinan besar bakal ditolak, karena kebanyakan orang jepang menganggap kalo memberi tip sama dengan menghina.

Pegawai di Jepang memang tidak membiasakan budaya tipping atau memberi tip, karena menurut mereka biaya makan atau jasa yang telah dibayar itu sudah termasuk biaya pelayanan yang baik.

Selain itu pada dasarnya Jepang memang mempunyai budaya service yang sangat memuaskan, mulai dari hotel mewah bahkan sampai warung-warung kecil di pinggir jalan sekalipun pasti memberikan pelayanan yang sangat baik dan memuaskan.

BACA JUGA:Sumsel Terkenal Dengan makanan Pindang!. Ini Kunci Cara Mengolah Aneka Pindang Agar Lezat

BACA JUGA:Mengapa Manajemen Kabel Penting? Simak Jawabannya!

Orang Jepang memiliki mindset kalo memberikan pelayanan terbaik merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan tersendiri buat diri dan profesinya sehingga bukan untuk mengharapkan untuk mendapatkan tip, ditambah lagi mereka sudah mendapat gaji dan fasilitas yang layak dari tempat kerjanya.

Namun tetap ada sebuah pengecualian karena ada beberapa kondisi yang tepat untuk memberi tip khususnya bagi turis, misalnya memberikan tip ke pemandu wisata pribadi milik kamu atau pas dapat pengalaman menginap yang luar biasa spesial di Ryokan (penginapan tradisional Jepang) kamu bisa kasih tip ke pelayan kamar atau pemilik Ryokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber