Tips Jitu Mengatasi Kebuntuan Menulis

Tips Jitu Mengatasi Kebuntuan Menulis

Penyebab mengalami kebuntuan menulis--Gambar : freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Selama bekerja, pasti anda pernah mengalami hambatan yang memperlambat kinerja anda.

Kebuntuan menulis, atau lebih dikenal sebagai writer’s block adalah keadaan dimana seseorang tidak mampu menuangkan ide maupun pokok pikiran ke dalam bentuk tulisan, atau bahkan kesulitan untuk mendapat ide sama sekali.

Kebuntuan menulis tentu menghambat produktivitas, terlebih apabila anda sedang dituntut untuk menghasilkan sebuah karya.

Hilangnya kemampuan merangkai kata tidak hanya terjadi pada penulis handal saja, tetapi juga dapat terjadi kepada siapapun yang sedang membuat karya tulis. Writer’s block dapat menyerang ketika penulis sedang kelelahan, menghadapi banyak tekanan, mengalami distraksi, atau bahkan akibat sifat perfeksionis dalam diri sendiri.

BACA JUGA:Bahaya Mikroplastik Bagi Kehidupan Manusia

BACA JUGA:Sumsel Terkenal Dengan makanan Pindang!. Ini Kunci Cara Mengolah Aneka Pindang Agar Lezat

Lalu, apa saja yang bisa anda lakukan agar cepat keluar dari kebuntuan menulis?

1. Istirahatkan tubuh dan pikiran

Apabila sedang mengalami kesulitan dalam proses penulisan, berikan tubuh dan pikiran anda waktu istirahat dan jauhkan diri dari tulisan yang memusingkan anda. Tekanan yang dirasa bisa hilang apabila anda rehat dengan berjalan-jalan, berbicara dengan teman, dan berbagai kegiatan yang menyegarkan pikiran.

Perlu dipastikan bahwa anda tetap menjaga pola tidur, mengonsumsi makanan sehat, serta mengatasi stress yang dihadapi dengan baik, karena kesehatan tubuh dan mental juga pentinf dalam merangsang kreativitas anda.

BACA JUGA:Mengapa Manajemen Kabel Penting? Simak Jawabannya!

BACA JUGA:Cerita Unik di Balik Terciptanya Sepatu Pertama Di Dunia

2. Coba aktivitas kreatif lain

Selain menulis, coba rehat sejenak dari merangkai kata, lakukan aktivitas yang masih berhubungan dengan kegiatan kreatif yang merangsang kinerja otak. Lakukan kegiatan kreatif lain yang anda senangi, seperti mendengarkan dan bermain alat music, menggambar, melukis, dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber