Hati-hati! Jangan Sikat Gigi Setelah Mengonsumsi 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini

Hati-hati! Jangan Sikat Gigi Setelah Mengonsumsi 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini

Tidak dianjurkan untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan-makanan tertentu.--freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pernahkah anda mendengar kalimat bahwa kita harus sering menyikat gigi setelah makan agar kebersihan mulut tetap terjaga? Memang, menyikat gigi adalah salah satu langkah krusial dalam menjaga keadaan mulut agar tetap prima.

Tapi, tahukah anda bahwa saran ini tidak berlaku pada beberapa kondisi? Benar, anda tidak dianjurkan untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Terdapat bahaya apabila menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengurangi kekuatan enamel gigi. enamel gigi merupakan bagian terluar pada gigi kita.

Lapisan enamel memang bersifat lebih keras dibandingkan lapisan lain pada tubuh, tetapi bukan berarti enamel tidak bisa rusak.

BACA JUGA:Gunung Dempo Erupsi 2 Kali dalam Kurun Waktu Kurang dari 24 Jam

BACA JUGA:Tinggal 3 Kecamatan di Palembang yang Belum Tercakup Penuh Pelayanan Air Bersih

Seiring waku dan usia, lapisan enamel terluar ini dapat terkikis, luntur, hingga lama-kelamaan mengekspos bagian gigi yang lebih lembut di bawahnya.

Fenomena menipisnya enamel dikhawatirkan dapat menyebabkan erosi gigi, yakni hilangnya enamel sebagai lapisan terluar gigi.

Enamel merupakan lapisan gigi yang tidak dapat meregenerasi alias tidak dapat tumbuh kembali jika sudah rusak.

Itulah mengapa para dokter gigi menyarankan tidak menyikat gigi setelah mengonsumi makanan tertentu karena akan mempercepat kerusakan pada gigi.

BACA JUGA:Mengatasi Masalah Kabel Casan Ponsel Sering Putus dengan Mudah

BACA JUGA:Walikota Palembang Tak Banyak Komentar Tentang Polemik Tapal Batas dengan Banyuasin di Tegal Binangun

Apabila lapisan terluar gigi sudah rusak atau menipis, maka gigi anda dapat menjadi lebih sensitif terhadap penyakit dan rasa sakit, gigi juga menjadi berwarna kekuningan, dan munculnya kerusakan pada gigi setelah waktu ke waktu.

Lantas, apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari sebelum menyikat gigi? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber