Pentingnya Serat dalam Pola Makan Sehat, Berikut Makanan Tinggi Serat untuk Kesehatan Tubuh Agar Tidah Mudah T

Pentingnya Serat dalam Pola Makan Sehat, Berikut Makanan Tinggi Serat untuk Kesehatan Tubuh Agar Tidah Mudah T

perlunya makanan serat--Gambar : freepik.com/jcomp

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Serat adalah komponen penting dari makanan yang memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan tubuh. Serat tidak dapat dicerna oleh tubuh kita, tetapi memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan tentang makanan tinggi serat dan mengapa penting untuk mengonsumsinya secara teratur.

Apa Itu Serat?

Serat adalah jenis karbohidrat kompleks yang ditemukan dalam makanan nabati, seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Serat terdiri dari dua jenis, yaitu serat larut dan serat tidak larut.

BACA JUGA:Ringkasan Bab 11 Buku The Science of Getting Rich: Beraksi dengan Cara Tertentu

BACA JUGA:Ringkasan Bab 14 Buku Riches and Poverty: Anak-Anak Bangsa

Serat larut larut dalam air dan membentuk gel yang membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah. Sementara itu, serat tidak larut menambah volume pada tinja dan memperlancar gerakan usus.

Manfaat Serat bagi Kesehatan Tubuh:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan: Serat membantu mencegah sembelit dan mengurangi risiko terjadinya penyakit divertikula, yang merupakan kondisi umum yang terjadi ketika kantong-kantong kecil berkembang di dinding usus besar.

2. Menjaga Berat Badan yang Sehat: Makanan tinggi serat cenderung lebih mengenyangkan, sehingga membantu mengontrol nafsu makan dan mencegah keinginan untuk ngemil yang tidak sehat.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Leo-Capricorn Hari Ini, 25 Juli 2023: Peluang Keuangan Menggiurkan Menanti!

BACA JUGA:Ramalan Shio Hari Selasa 25 Juli 2023: Shio Naga Dianjurkan Lebih Bijak, Shio Monyet Genggam Hoki

3. Menstabilkan Gula Darah: Serat larut membantu mengurangi penyerapan gula dari makanan, sehingga membantu menjaga kadar gula darah yang sehat dan dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung: Serat larut membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber