Menyalakan AC saat Mobil Parkir, Amankah?

Menyalakan AC saat Mobil Parkir, Amankah?

Menyalakan AC saat Mobil Parkir--sumber poto : freepik.com/@stefamerpik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Banyak pertanyaan di benak masyarakat apakah aman saat menyalakan AC mobil dalam keadaan parkir.

Seringkali anda harus berhenti dan beristirahat atau menunggu di mobil dengan durasi yang cukup lama. Tentu saja AC mobil biasanya tetap nyala supaya anda nyaman di dalam mobil. 

Mesin mobil yang menyala dan AC serta Audio tetap menyala sebenarnya tidak ada masalah jika dilakukan dalam waktu yang singkat. Dan sangat tidak dianjurkan menyalakan ac mobil dalam kondisi mobil parkir dalam waktku yang lama. 

Hal yang perlu di perhatikan adalah lingkungan sekitar mobil, dengan kondisi  mesin menyala tentu saja gas buang dari knalpot dapat membahakan orang disektar dan juga berbahaya bagi penumpang mobil. 

BACA JUGA:Ringkasan Bab 10 Buku The Science of Getting Rich: Penggunaan Keinginan Lebih Lanjut

BACA JUGA:Mengatasi Pilek dengan Ramuan Herbal yang Ampuh dan Alami, Tak Perlu Buru-buru Minum Obat

Gas yang keluar dari knalpot mobil terdiri dari beberapa zat yang dapat membawa bahaya, terutama jika terpapar dalam jumlah besar atau dalam jangka waktu yang lama. Beberapa gas berbahaya yang dihasilkan oleh knalpot mobil adalah Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), Partikulat, Oksida Nitrogen (NOx), Timbal (Pb).

Gas dari knalpot ini merupakan gas yang berbahaya bagi pernapasan manusia. Kondisi mobil parkir, tentu pembuangan gas dari knalpot ini bisa masuk ke dalam mobil melalui cela-cela  yang ada dan akan terhirup oleh penumpang mobil. 

Kalau pun mobil ditinggal tanpa penumpang. Kondisi mesin menyala juga tidak baik. Karena gas buang knalpot akan tetap masuk ke kabin mobil dan apa bila kaca mobil tertutup rapat. Gas buang dari knalpot ini akan terperangkap di dalam kabin dan akhirnya terhirup oleh penumpang pada saat penumpang masuk ke mobil. 

Selain itu, kondisi ac mobil perlu di perhatikan. Karena AC mobil yang dalam kondisi buruk juga mempunyai efek yang bahaya bagi penumpang mobil.

BACA JUGA:Ringkasan Bab 13 Buku Riches and Poverty: Kunci Emas

BACA JUGA:Ibu Mesti Tahu Cara Atasi Anak yang Doyan Makan Mie Instan

ketika AC mobil tidak berfungsi dengan baik atau digunakan dengan tidak benar, dapat menyebabkan beberapa bahaya bagi penumpang. Beberapa masalah umum yang dapat timbul akibat AC mobil yang tidak berfungsi dengan baik atau digunakan secara tidak benar meliputi:

Kelebihan gas refrigeran: Jika AC mobil diisi dengan terlalu banyak gas refrigeran, bisa menyebabkan tekanan yang berlebihan pada sistem. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen AC dan bahkan mengakibatkan ledakan jika tekanan terlalu tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber