Tak Hanya Indah, Ternyata ini Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Tak Hanya Indah, Ternyata ini Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan--Sc gambar pixabay-dangdumrong

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bunga telang, juga dikenal dengan 'bunga biru' atau 'bunga perancis' adalah bunga yang memiliki warna biru atau ungu yang menarik dan kelopak berbentuk corong. Tak hanya indah dan menarik ternyata bunga ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan yang tidak banyak diketahui orang.

Diberbagai budaya, bunga ini telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat  bunga telang untuk kesehatan:

1. Antioksidan yang Kuat

Bunga telang mengandung senyawa aktif berupa antosianin, pigmen yang memberikan warna biru atau disway.id/listtag/24848/ungu">ungu pada bunga ini. Antosianin adalah antioksidan yang efektif melawan radikal bebas dalam tubuh.

Dengan adanya antioksidan ini, bunga telang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, mencegah penuaan dini, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

BACA JUGA:Waspadai 7 Penyebab Kolesterol yang Kerap Disepelekan.

BACA JUGA:Keindahan Sungai Musi Palembang!. Banyak Mitos Yang beredar, Padahal Ini Lho Faktanya.


Bunga Telang banyak disekitar kita--Sc gambar pixabay-dangdumrong

2. Menurunkan Kolesterol

Studi telah menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan antosianin yang terkandung didalamnya membantu mengurangi kadar kolesterol LDL ("kolesterol jahat") sambil meningkatkan kadar kolesterol HDL ("kolesterol baik"). Hal ini berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

3. Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan antosianin dalam bunga telang juga berperan dalam mengatur tekanan darah. Dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan kualitas pembuluh darah, bunga telang dapat membantu menstabilkan tekanan darah, mencegah hipertensi, dan mengurangi risiko stroke atau serangan jantung.

BACA JUGA:Ratna Zamrud Siberia: Batu Akik Termahal yang Membuat Gempar Pasar Permata Global

BACA JUGA:Ringkasan Bab 18 Buku Psychology of Money : Ketika Anda Akan Percaya Apa Saja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber