Hijrah Kaum Milenial: Dari Tren Menuju Substansi

Hijrah Kaum Milenial: Dari Tren Menuju Substansi

Tren Muslimah--Gambar : freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Hijrah adalah istilah dalam bahasa Arab yang berarti "migrasi" atau "perubahan" dan umumnya merujuk pada perpindahan seseorang dari satu tempat ke tempat lain untuk tujuan yang lebih baik, baik secara fisik maupun spiritual.

Dalam konteks kaum milenial, istilah "hijrah" sering digunakan untuk menggambarkan perubahan perilaku atau pemikiran dari tren-tren atau hal-hal yang bersifat permukaan menuju pada hal-hal yang lebih substansial dan berarti.

Di era digital dan sosial media, kaum milenial sering terpengaruh oleh tren, gaya hidup, dan budaya populer yang muncul di media sosial.

Banyak dari mereka mengikuti tren tersebut tanpa mempertimbangkan dampaknya secara mendalam atau bagaimana hal itu dapat membentuk identitas dan nilai-nilai mereka.

BACA JUGA:Makna Hijrah Bagi Umat Islam

BACA JUGA:8 Berkah Bulan Muharram yang Bisa Memperbaiki Diri Anda

Allah SWT telah berfirman dalam hal Hijrah dalam  QS Al Baqarah ayat 218. "Sesungguhnya orang-orang yang beriman, yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Dari dasar Hijrah itu ada tiga pesan dalam ayat tersebut, terdiri dari iman, hijrah, dan jihad , yang ketiganya bertujuan akhir berharap mendapat rahmat (kasih sayang) Allah SWT.

Namun, ada juga sebagian kaum milenial yang mulai menyadari bahwa hidup hanya mengikuti tren semata tidaklah memuaskan dan kurang memberikan arti yang sebenarnya.

Hijrah kaum milenial dari tren menuju substansi melibatkan perubahan dalam cara mereka memandang dan memahami dunia di sekitar mereka.

BACA JUGA:Ini Cara Kita Mengambil Berkah di Bulan Muharram, Masya Allah Langsung Terasa Manfaatnya

BACA JUGA:Perkembangan Musik Gambus di Palembang

Ini melibatkan mengalihkan fokus dari hal-hal yang bersifat permukaan dan sementara menuju pada hal-hal yang lebih berarti, seperti pengembangan pribadi, pencapaian tujuan, memberikan dampak positif pada masyarakat, dan memperkuat nilai-nilai moral dan spiritual.

Ada beberapa langkah yang dapat diambil oleh kaum milenial untuk melakukan hijrah dari tren menuju substansi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber