Baju Adat Palembang dan Ciri Khasnya, Anggun dan Menawan Hati

Baju Adat Palembang dan Ciri Khasnya, Anggun dan Menawan Hati

Gadis dengan pakaian adat Palembang.-Devi Setiawan-instagram.com/@cekdev

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Baju adat atau pakaian tradisional yang ada di Indonesia menjadi salah satu ciri khas akan keanekaragaman bangsa.

Salah satunya yaitu baju adat Palembang yang memiliki berbagai aneka ragam jenis dan makna. Hm, penasaran apa saja baju adat Palembang?

Meski sangat terkenal dengan makanan khasnya yaitu pempek, Kota Palembang ini dijuluki sebagai Bumi Sriwijaya. Memiliki baju adat yang khas dan memiliki simbol serta makna tersendiri dalam setiap konsepnya.

Dua baju adat yang biasa dikenal yaitu Aesan Gede dan Pak Sangkong merupakan pakaian adat Palembang yang dipakai pengantin ketika acara resepsi pernikahan. Berikut penjelasannya:

BACA JUGA:Walikota Palembang Harnojoyo Kukuhkan JPT Pratama, CPNS, PNS, dan PPPK

BACA JUGA:Lina Mukherjee Resmi Ditahan Kejari Palembang, Berharap Restorative Justice

1. Baju Adat Aesan Gede

Dalam kutipan buku”Ensiklopedia Seni dan Budaya Pakaian Adat Nusantara” oleh R Toto Sugiharto, pakaian adat kota Palembang Aesan Gede merupakan busana yang melambangkan kesabaran.

Selain itu, pakaian Aesan Gede ini juga melambangkan keagungan Kedatuan Sriwijaya. Busana ini biasanya dibalut dengan warna yang cerah seperti merah jambu yang dipadukan dengan warna emas untuk memberi ciri khasnya. Salah satu filosofi dari Aesan Gede sendiri yaitu Sumatera layak dijuluki sebagai Swarnadwipa atau Pulau Emas.

Kesan yang diberikan dari perpaduan warna tersebut memberikan tampilan mewah pada pakaian ini dengan diberi tambahan aksesoris seperti mahkota, bunga cempako, dan pernak pernik lainnya pada pakian adat palembang Aesan Gede.

BACA JUGA:Ingin Mempunyai Anak Laki-laki ?. Berikut Tips Ampuh untuk Meningkatkan Peluang Hamil Anak Laki-Laki

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan dan Kesejahteraan Ikan Lohan di Akuarium


Pakaian adat Palembang.-Devi Setiawan-instagram.com/@cekdev

2. Baju Adat Pak Sangkong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber