Jambu Air! Jarang Dicari dan Dikonsumsi Orang, Padahal Kaya Manfaat.

Jambu Air! Jarang Dicari dan Dikonsumsi Orang, Padahal Kaya Manfaat.

Jambu air merupakan buah yang tidak begitu dicari orang. Padahal buah ini kaya manfaat.-yandri-foto pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Jambu air, banyak ditanam di pekarangan rumah. Pada musim tertentu jambu ini akan berbuah lebat. Namun, tidak seperti buah mangga dan jeruk yang banyak diburu orang, keberadaan Jambu air cenderung diabaikan. Bahkan di beberapa pekarangan, kadang jambu ini berjatuhan di tanah dan menumpuk. 

Beberapa pertimbangan orang takut mengkonsumsi jambu air. Diantaranya rasanya yang terkadang asam dan agak sepet, kemudian kadang ada ulat di dalamnya. Setelah dibuka atau digigit, perhatikan dengan seksama apakah ada ulat yang begerak gerak.

Warna ulat jambu air putih sama dengan warna daging jambu itu. Kecuali dilihat dalam waktu lama, maka akan terlihat apakah ada ulat atau tidak. Belum lagi jambu ini tidak tahan dengan cuaca. Sehingga akan cepat rusak, jika tidak di packing dengan benar.

Padahal, manfaat jambu air ini tidak kalah dengan mangga ataupun jeruk yang juga sering ditanam di halaman rumah

BACA JUGA:Filosofi Rumah Limas Palembang! Setiap Lantai Membedakan Kegunaan dan Strata Sosial.

BACA JUGA:Untuk Kamu yang Hobi ngopi, Coba 3 Kopi Unik di Indonesia ini!

Jambu air juga dikenal sebagai guava, adalah buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaat dari jambu air ini? Berikut ulasannya.

1. Kaya akan vitamin C: Jambu air mengandung jumlah vitamin C yang sangat tinggi, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan mempercepat penyembuhan luka.

2. Sumber serat yang baik: Jambu air mengandung serat pangan yang tinggi, baik serat larut maupun tidak larut. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan memperbaiki kualitas pencernaan.

3. Menyehatkan sistem pencernaan: Enzim alami yang terkandung dalam jambu air dapat membantu melancarkan pencernaan, mengurangi masalah perut kembung, serta mengurangi risiko penyakit pencernaan seperti diare dan kolitis.

BACA JUGA:Stop Begadang!. Mulailah Menjaga Mood Harian Dengan Pola Tidur Yang Berkualitas

BACA JUGA:Mantan Kepala Sekretariat Bawaslu Prabumulih Ditahan

4. Menurunkan risiko diabetes: Jambu air memiliki indeks glikemik rendah dan mengandung serat yang membantu mengontrol gula darah. Ini menjadikannya buah yang cocok bagi orang-orang dengan diabetes atau yang berisiko mengembangkan kondisi tersebut.

5. Menjaga kesehatan jantung: Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam jambu air dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Jambu air juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber