Manfaat Aktivitas Lari bagi Kesehatan Mental

Manfaat Aktivitas Lari bagi Kesehatan Mental

Manfaat Aktivitas Lari Bagi Kesehatan Mental --Gambar : unsplash.com/@flnkrs

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Lari adalah salah satu bentuk olahraga sederhana yang populer dan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Walaupun terbilang olahraga yang sederhana, manfaat Lari bagi kesehatan tidak bisa disepelekan begitu saja. 

Jika dilakukan secara rutin, aktivitas fisik ini jika dilakukan setiap pagi dapat meningkatkan suasana hati dan menjaga kesehatan jantung. Apalagi saat pagi, udara yang kita hirup masih terasa segar sehingga memberikan imun dan efek positif bagi tubuh ini. 

Selain itu, lari juga diketahui dapat membantu meredakan stres. Stres yang berlebihan dapat dikurangi dengan olahraga lari. Hal ini juga dapat menjadi distraksi terhadap masalah sehari-hari yang kita hadapi.

Jika kita berlari setelah menghadapi hari kerja yang berat. Kita dapat memahami bahwa dengan aktivitas lari dapat mengangkat beban pikiran.

BACA JUGA:5 Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan Tubuh dan Mental Kamu

BACA JUGA:Running Sisters, Menginspirasi dan Membangun Komunitas Wanita Melalui Olahraga Lari

Dengan olahraga lari, juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk atasi masalah depresi, dan juga dapat mengalihkan perhatian terhadap stres maupun cemas yang dialami.

Itulah mengapa dengan olahraga lari, secara alami dapat menetralisir hormon penyebab stres sehingga perasaan rileks dan tenang dapat berangsur timbul.

Untuk itu, lari merupakan olahraga rutin yang seharusnya tak terlewatkan bagi setiap pribadi terlebih tubuh ini sedang bugarnya.

Berikut ini beberapa alasan mengapa lari dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres:

BACA JUGA:Kesehatan Mental dan Kesejahteraan di Era Digital

BACA JUGA:Bukan Cuma Fisik, Kesehatan Mental Juga Patut Dirawat

1. Pelepasan Endorfin

Saat Anda berlari, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin, yang dikenal sebagai "hormon kebahagiaan".  Endorfin dapat meningkatkan perasaan senang dan mengurangi stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber