PDHI Sumatera Selatan Temukan Hewan Kurban Belum Cukup Umur

PDHI Sumatera Selatan Temukan Hewan Kurban Belum Cukup Umur

Ketua PDHI Sumsel Dr drh Jafrizal MM mengecek pemotongan hewan kurban, Rabu (28/6/2023).-Dr drh Jafrizal MM-Dokumentasi pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Persatuan Dokter Hewan Indonesia Sumatera Selatan (PDHI Sumsel) melakukan pengecekan di sejumlah tempat pemotongan hewan kurban, yang berlangsung pada hari ini Rabu, 28 Juni 2023.

Dalam proses pengecekan yang dilakukan, PDHI Sumsel memeriksa seluruh kondisi kesehatan hewan kurban sebelum dilakukan pemotongan oleh pihak panitia kurban.

Dari proses tersebut, seluruh hewan kurban yang dilakukan pemotongan baik itu sapi maupun kambing dalam kondisi sehat, tidak ditemukan penyakit apa pun.

Namun demikian, dari pemeriksaan tersebut, PDHI Sumsel yang diketuai oleh Dr drh Jafrizal MM masih menemukan sejumlah hewan kurban di bawah umur, tidak sesuai dengan syariat kurban.

BACA JUGA:Saran Dinas TPHP Musi Banyuasin, Jika Dapat Bagian Kurban Seperti Ini Sebaiknya Jangan Dimakan

BACA JUGA:Bosen Menu Daging Kurban Itu-Itu Saja? Ini Referensi Menu yang Menggugah Selera dari Daging Kurban

Oleh karenanya ke depan, pihaknya akan lakukan pembinaan kepada seluruh penyedia hewan kurban, untuk selalu memperhatikan hewan kurban yang dijual.

"Karena sesuai dengan perintah dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, untuk bersama lakukan pembinaan yang terkoordinasi, dan setiap pelaku usaha disertifikasi kelayakan sebagai penyedia hewan kurban," ujar drh Jafrizal.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv