Bukan Cuma Kambing dan Sapi, Jenis Hewan Ini Bisa Juga Dikurbankan pada Iduladha

Bukan Cuma Kambing dan Sapi, Jenis Hewan Ini Bisa Juga Dikurbankan pada Iduladha

Selain sapi dan kambing, beberapa hewan lainnya dapat pula dijadikan kurban pada Iduladha.--pixabay.com/svklimkin

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menjelang hari raya Iduladha melihat hewan seperti kambing dan sapi dijadikan sebagai hewan hendak dikurbankan, merupakan hal yang sangat lumrah kita temui.

Para penjual hewan-hewan kurban tersebut sangat mudah ditemui sepanjang jalan raya menjelang momen Iduladha ini.

Namun, tahukah kamu bahwa bukan hanya kambing dan sapi yang bisa dijadikan sebagai hewan kurban. Lumrahnya di Indonesia kita hanya mengetahui dan melihat hanya dua jenis hewan itu saja yang dijadikan kurban pada saat Iduladha.

Perayaan momen hari raya Iduladha tidak hanya dilaksanakan di negara Indonesia saja. Namun juga dilaksanakan di berbagai macam negara terutama negara dengan banyak penduduk muslimnya.

BACA JUGA:Tradisi dan Keunikan Lebaran Iduladha di Berbagai Negara, Nomor 3 Hidangannya Bikin Ngiler!

BACA JUGA:4 Makna Perayaan Iduladha dan Kurban bagi Umat Islam

Pasalnya, Iduladha dan berkurban merupakan perayaan serta ajaran agama bagi umat Islam di seluruh dunia. Negara-negara seperti Malaysia, India, Brunei, dan Turkiye yang memiliki banyak umat beragama Islam, juga biasa melaksanakan kurban saat Iduladha.

Namun pelaksanaan kurban tentu berbeda pada setiap negara karena menyesuaikan dengan adat dan kebudayaan di negara masing-masing.

Contohnya saja seperti di India dengan mayoritasnya adalah penganut agama Hindu. Memotong sapi dilarang karena sapi diyakini sebagai hewan suci yang dihormati penganut Hindu di India.

Lalu hewan apa saja yang biasanya dijadikan hewan untuk berqurban pada saat momen perayaan Iduladha selain kambing dan sapi?

BACA JUGA:Penyembelihan Hewan Kurban Setelah Sholat Idul Adha, Ini Hadistnya

BACA JUGA:Memotong Rambut dan Kuku bagi Yang Akan Berkurban Idul Adha, Bagaimana Hukumnya?

1. Kerbau

Meski di Indonesia kerbau ini jarang dijadikan hewan kurban, tapi terkadang ada juga yang menjadikan kerbau sebagai hewan kurban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: