Wajib Dipahami! Kenali Profil Risiko Sebelum Berinvestasi

Wajib Dipahami! Kenali Profil Risiko Sebelum Berinvestasi

Kenali Profil Risiko Sebelum Berinvestasi.-Tumisu-pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Profil risiko investasi mengacu pada sejauh mana seorang investor bersedia menerima fluktuasi nilai investasinya dalam jangka waktu tertentu.

Setiap investor memiliki profil risiko yang berbeda-beda berdasarkan tujuan keuangan, toleransi risiko, keadaan keuangan, dan pengetahuan investasi mereka. Ada beberapa profil risiko umum yang dapat dikenali, yaitu:

Konservatif

Investor konservatif. Mereka lebih suka melindungi modal mereka daripada mencari pertumbuhan yang tinggi. Biasanya, mereka lebih memilih instrumen investasi yang stabil dan memiliki risiko yang relatif rendah seperti obligasi dan deposito.

BACA JUGA:Rasakan Kenikmatan Hidup tanpa Hutang, Ikuti Tips Cermat Mengelola Uang

BACA JUGA:BBPOM di Palembang Tegaskan Sanksi Pidana Penjara Menanti Produsen Makanan dengan Zat Berbahaya

Moderat

Investor dengan profil risiko moderat memiliki toleransi risiko yang lebih seimbang. Mereka bersedia menerima fluktuasi nilai investasi mereka dalam jangka waktu tertentu, tetapi tetap menginginkan perlindungan modal.

Mereka dapat mengalokasikan sebagian portofolio mereka ke saham dan instrumen investasi lain yang memiliki potensi pertumbuhan yang lebih tinggi.

Agresif

BACA JUGA:Rezeki Anda Seret? Lakukan Ini, Banyak yang Tidak Tahu Ajak Istri Belanja adalah Magnet Rezeki Suami

BACA JUGA:Kesehatan Mental dan Kesejahteraan di Era Digital

Investor agresif adalah mereka yang memiliki toleransi risiko yang tinggi dan berani mengambil risiko besar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mereka siap menerima fluktuasi nilai investasi yang signifikan dan biasanya lebih suka berinvestasi dalam saham, reksa dana ekuitas, atau instrumen investasi berisiko tinggi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber