Buah Tomat Segar Sangat Baik bagi Kesehatan

Buah Tomat Segar Sangat Baik bagi Kesehatan

BUah Tomat--by alodoc

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Buah tomat sangat baik bagi kesehatan, buah warna yang cerah merah saat matang ini ternyata tersimpan vitamin dan serat yang banyak.

Biasa ibu rumah tangga mengolah tomat dalam olahan masakan dan campuran sambal. Namun ternyata lebih baik dikonsumsi segar agar terjaga kandungannya.

Tomat memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisi yang kaya, termasuk vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Berikut ini beberapa manfaat tomat yang penting:

1. Sumber antioksidan

BACA JUGA:Manfaat Berenang bagi Kesehatan

BACA JUGA:Manfaat Menakjubkan Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tomat mengandung senyawa antioksidan seperti likopen, beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

2. Menjaga kesehatan jantung

Likopen dalam tomat telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Senyawa ini membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan.

3. Mencegah kanker

BACA JUGA:7 Cara Mendapatkan Hidayah Allah dan Istiqomah Menjalaninya

BACA JUGA:Viral Video Kebakaran Motor di SPBU Talang Jambe!

Likopen juga memiliki sifat anti-kanker yang kuat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan likopen yang cukup terkait dengan penurunan risiko kanker prostat, kanker paru-paru, kanker lambung, dan beberapa jenis kanker lainnya.

4. Menjaga kesehatan mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber