Sidak Pasar KM 5, BBPOM Palembang Temukan Mie Basah Formalin

Sidak Pasar KM 5, BBPOM Palembang Temukan Mie Basah Formalin

BBPOM di Palembang bersama Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, melakukan sidak sekaligus pengujian sampel produk pangan di Pasar KM 5 Palembang, Jumat (23/6/2023).-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pastikan produk pangan yang beredar di pasar Kota PALEMBANG aman dari zat berbahaya menjelang Iduladha, pihak Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di PALEMBANG, bersama dengan Wakil Walikota PALEMBANG Fitrianti Agustinda, melakukan sidak sekaligus pengujian sampel produk pangan di Pasar KM 5 PALEMBANG, pada Jumat, 23 Juni 2023.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, dari sidak ini sebanyak 28 sampel produk pangan yang diuji, dan satu sampel produk pangan yakni mie basah, teridentifikasi mengandung zat formalin atau pengawet mayat.

Meski begitu, sampel yang diambil akan kembali diuji oleh pihak BBPOM di Palembang. Terkait temuan ini, penelusuran produsen sudah dilakukan. Pihak BBPOM bersama Kepolisian akan bergerak mengamankan pelaku lantaran hal ini sudah masuk dalam tindak kriminal.

“Hasil temuan dari 28 sampel yang kita ambil adalah mie basah ya, yang mengandung formalin. Ini uji sampel sementara, dan akan kita uji lagi. Kami sudah menanyakan kepada penjual siapa yang menjual, dan identitasnya sudah kita dapat, nanti BBPOM dan kepolisian akan bergerak memastikan pelakunya,” terang Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda.

BACA JUGA:Waduh! 3 Wasit Indonesia Berlisensi FIFA Gagal Lolos Seleksi Pimpin Liga 1 2023-2024

BACA JUGA:Wow, Segudang Prestasi Diraih Sejak Dini, Generasi Z Bebas Berekspresi dan Berprestasi


Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda menunjukkan hasil uji sampel produk makanan mengandung formalin, Jum'at (23/6/2023).-Sandy Pratama-PALTV

Sementara itu, Kepala BBPOM di Palembang Zulkifli menyampaikan, dengan temuan ini pihak BBPOM di Palembang akan melakukan sidak di seluruh pasar di Kota Palembang, yang ditargetkan selesai pada pertengahan Juli 2023.

Dari sidak yang dilakukan sejauh ini, mayoritas produk makanan yang mengandung zat berbahaya adalah mie. Dengan temuan ini, pengawasan serta penelusuran akan terus dilakukan.


Dari sidak BBPOM di Palembang bersama Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda di Pasar KM 5, ditemukan mie basah mengandung formalin, Jum'at (23/6/2023).-Sandy Pratama-PALTV

“Target kami, untuk seluruh pasar yang ada di Kota Palembang, kita targetkan pertengahan Juli ini harus terperiksa semuanya. Nah, dari hasil pengujian kita dari pasar-pasar yang kita kunjungi, masih kita temukan di mie, dulu terasi, tahu ya. Kita kaget juga masih ada mie formalin yang dijual. Kita akan melakukan penelusuran siapa pembuatnya, pengawasannya tidak berhenti di sini saja,” tutup Kepala BBPOM di Palembang Zulkifli.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv