Tangkap Matahari di Mana Saja, Fleksibilitas Panel Surya yang Mengubah Segalanya

Tangkap Matahari di Mana Saja, Fleksibilitas Panel Surya yang Mengubah Segalanya

Panel surya di atap. (Sel surya) -tawanchai07-freepik

PALTV.CO.ID- Penggunaan energi terbarukan semakin menjadi kebutuhan mendesak di tengah krisis iklim yang dihadapi dunia saat ini.

Di antara berbagai teknologi yang mendukung transisi ke energi bersih, panel surya telah menjadi salah satu yang paling populer dan digunakan secara luas.

Namun, kemajuan terbaru dalam teknologi panel surya membawa inovasi yang lebih canggih dan efisien: panel surya fleksibel.

Berbeda dengan panel surya tradisional yang kaku, berat, dan memerlukan pemasangan di tempat yang khusus, panel surya fleksibel menawarkan lebih banyak kebebasan dan peluang untuk penerapan energi terbarukan.

BACA JUGA: Klasik vs Modern! Perpaduan Unik yang Menghidupkan Kembali Legenda Jalanan

BACA JUGA:Energi Berkelanjutan, Digital Twin sebagai Kunci Efisiensi Energi

Panel surya fleksibel dibuat dari bahan-bahan yang ringan dan dapat ditekuk, memungkinkan mereka dipasang di permukaan yang tidak rata atau bahkan melengkung.

Hal ini berbeda dengan panel surya konvensional yang biasanya terbuat dari silikon kristalin dan membutuhkan permukaan datar dan luas untuk dipasang.

Dengan kemampuan untuk menyesuaikan bentuk dan mengikuti kontur permukaan, panel surya fleksibel memberikan kebebasan lebih dalam desain dan pemasangan, menjadikannya ideal untuk aplikasi.

Salah satu kemajuan terbesar dalam panel surya fleksibel adalah penggunaan bahan-bahan baru seperti film tipis organik, perovskit, dan teknologi CIGS (tembaga indium galium selenida).


Banyak panel surya di lapangan yang menghasilkan listrik dengan ruang fotokopi-freepik-freepik

Bahan-bahan ini memungkinkan panel surya fleksibel untuk tetap efisien dalam menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik, meskipun dalam bentuk yang lebih ringan dan mudah dibawa.

Misalnya, panel surya berbasis perovskit telah menunjukkan potensi yang besar dalam hal efisiensi konversi energi, bahkan mendekati atau mengungguli panel surya silikon tradisional.

Selain itu, panel surya berbahan film tipis dapat diproduksi dengan biaya lebih rendah, sehingga semakin mengurangi harga akhir untuk konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber