Martabak HAR Tak Lekang oleh Waktu Tak Tergilas Zaman

Martabak HAR Tak Lekang oleh Waktu Tak Tergilas Zaman

Tak lekang oleh waktu tak tergilas zaman. Martabak HAR masih menjadi kuliner favorit masyarakat Kota Palembang, Senin (12/6/2023).-Zannuba Chavilla Andjari-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Martabak Haji Abdul Razak atau biasa disebut Martabak HAR berdiri sejak 1947, yang menjadikannya salah satu primadona kuliner legendaris bagi masyarakat kota Palembang.

Martabak khas India ini pertama kali mengepakkan sayap di dunia  bisnis kuliner oleh Haji Abdul Razak yang memang asli berdarah India.

Saudagar ini menikah dengan perempuan asli Palembang sehingga memutuskan untuk  menetap bersama istrinya di perantauan (Palembang).

Rumah makan Martabak HAR Pusat ini yang terletak tepat berseberangan dengan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo, di Jalan Jenderal Sudirman, Palembang.

BACA JUGA:Pemuda Inovatif, Iyan Muhazan Membawa Konsep Unik Menikmati Kopi ke Dalam Pasar 16 Ilir Palembang

BACA JUGA:Kembang Tahu Pak Aan: Kuliner Tradisional yang Tetap Eksis di Tengah Gempuran Minuman Kekinian


Rumah makan Martabak HAR Pusat berada tepat berseberangan dengan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo, di Jalan Jenderal Sudirman, Palembang, Senin (12/6/2023).-Zannuba Chavilla Andjari-Dokumentasi pribadi

Lokasi ini sangat strategis karena tak jauh dari bundaran air mancur dan ikon kota Palembang, Jembatan Ampera. Tercatat sudah ada delapan cabang yang tersebar di kota Palembang.

Gerai makan ini tidak hanya menyajikan martabak, tetapi juga menu otentik khas India lainnya, seperti nasi minyak, kue channai, kare ayam, dan masih banyak lagi lainnya.

Kita harus merogoh kantong sebesar Rp25.000 untuk menikmati satu porsi Martabak HAR isi telur ayam dan Rp30.000 untuk isian telur bebek.

“Adonan ini terbuat dari gandum, garam, air, dan ‘umak roti’. Jika tidak pakai umak roti, martabak tidak akan mengembang,” kata salah satu karyawan sambil memperagakan aksi akrobatik memipihkan adonan, Senin, 12 Juni 2023.

BACA JUGA:Sensasi Seruput Kopi Rp9.000, Anda Bisa Dapatkan Pemandangan yang Menakjubkan di Apek Sekanak

BACA JUGA:Kenikmatan Mencicipi Es Puter Legend di Kota Palembang


Martabak HAR khas India ini pertama kali mengepakkan sayap di dunia bisnis kuliner oleh Haji Abdul Razak yang memang asli berdarah India, Senin (12/6/2023).-Zannuba Chavilla Andjari-Dokumentasi pribadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: