Mau Hemat Bensin? Pilih Mobil Kecil atau Besar?

Mau Hemat Bensin? Pilih Mobil Kecil atau Besar?

Seorang pria duduk di dalam mobil dengan pintu terbuka sambil berbicara dengan ponsel -gratispik-freepik

PALTV.CO.ID- Efisiensi bahan bakar merupakan salah satu faktor paling penting yang dipertimbangkan ketika seseorang memutuskan untuk membeli kendaraan baru.

Dalam beberapa dekade terakhir, pertanyaan mengenai kendaraan mana yang lebih hemat bahan bakar, mobil kecil atau mobil besar, telah menjadi diskusi yang tak terelakkan.

Dengan harga bahan bakar yang fluktuatif, memahami mana yang lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Secara umum, mobil kecil biasanya lebih hemat bahan bakar daripada mobil besar. Ini dikarenakan bobot yang lebih ringan, mesin yang lebih kecil, serta aerodinamika yang lebih baik.

BACA JUGA: Bukan Sekadar Tampan, Convertible Masa Kini Punya Segudang Fitur Canggih!

BACA JUGA: Jangan Salah Pilih! Ini Dia Pelumas Terbaik untuk Motor Sport Kesayanganmu

Mobil kecil cenderung memiliki mesin berkapasitas lebih rendah, yang mengonsumsi lebih sedikit bahan bakar untuk menghasilkan tenaga.

Dalam hal ini, mesin kecil tersebut bekerja lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar, terutama saat dikendarai di dalam kota atau dalam situasi lalu lintas yang padat.

Sebaliknya, mobil besar biasanya menggunakan mesin berkapasitas lebih besar untuk mendukung berat dan ukuran kendaraan yang lebih besar.

Mobil besar juga sering kali digunakan untuk membawa lebih banyak penumpang atau barang, sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk bergerak.


Mobil putih memasuki tempat pencucian mobil -gratispik-freepik

Selain itu, mobil besar juga menghadapi hambatan udara yang lebih besar karena ukurannya, sehingga perlu bekerja lebih keras, terutama saat melaju di jalan tol atau jalan bebas hambatan.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, efisiensi bahan bakar pada mobil besar telah mengalami peningkatan.

Pabrikan mobil kini menggunakan teknologi canggih seperti turbocharging, sistem hibrida, dan teknologi start-stop yang dirancang untuk mengurangi konsumsi bahan bakar pada kendaraan besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber