Sunnah di Hari Jumat yang Sering Dilupakan: Meningkatkan Kebaikan dalam Ibadah

Sunnah di Hari Jumat yang Sering Dilupakan: Meningkatkan Kebaikan dalam Ibadah

Sunnah di Hari Jumat yang Sering Dilupakan--Source gambar : istockphoto.com/H M Shahidul Islam

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Hari Jumat memiliki kedudukan istimewa dalam agama Islam. Selain menjadi hari yang ditetapkan untuk melaksanakan salat Jumat, terdapat juga beberapa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari ini.

Namun, dalam kesibukan dan rutinitas sehari-hari, seringkali sunnah-sunnah ini dilupakan atau diabaikan. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa sunnah di hari Jumat yang sering dilupakan dan bagaimana mengingatinya dapat meningkatkan kebaikan dalam ibadah kita.

Mandi Jumat

Salah satu sunnah yang sering dilupakan adalah mandi Jumat. Rasulullah ﷺ menganjurkan untuk mandi pada pagi Jumat sebelum pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Jumat. 

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW:

مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ النِّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ

BACA JUGA:Terungkap! Daftar 7 Kota dengan Jumlah Janda Terbanyak di Indonesia, Anda Tidak Akan Percaya Angkanya!

BACA JUGA:11 Makanan ini Aman Dikonsumsi dan Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

“Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya”. (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

Mandi Jumat tidak hanya membersihkan tubuh secara fisik, tetapi juga memiliki makna spiritual dalam persiapan menjalankan ibadah yang istimewa pada hari ini. Dengan mengingat sunnah ini dan melaksanakannya, kita dapat memulai hari Jumat dengan kesucian dan kesegaran, meningkatkan konsentrasi dalam ibadah.

Mengenakan Pakaian Terbaik

Selain mandi, mengenakan pakaian terbaik juga merupakan sunnah yang sering dilupakan pada hari Jumat. Rasulullah ﷺ mengajarkan umatnya untuk memakai pakaian terbaik yang mereka miliki saat pergi ke masjid untuk salat Jumat. 

dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhuma, dia berkata,Bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam mempunyai jubah yang selalu beliau pakai pada dua hari raya dan hari Jum'at." (HR. Al-Baihaqi)

BACA JUGA:Pasar Tradisional Kayuagung Akan 'Disulap' Jadi Pasar Modern

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber